Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Sebanyak 99 mahasiswa semester 6 Prodi Keperawatan D3 STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto mengikuti Ujian Akhir Program (UAP) Objective Structured Clinical Asessment (OSCA)

Information

Date4 July 2018 11:54 am
BySuperman is gone
Views1484




Berita

99 Mahasiswa Keperawatan Ikuti UAP OSCA

Mahasiswa mengikuti ujian UAP OSCA
Date4 July 2018 11:54 am
BySuperman is gone
Views1484

PURWOKERTO - Sebanyak 99 mahasiswa semester 6 Prodi Keperawatan D3 STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto mengikuti Ujian Akhir Program (UAP) Objective Structured Clinical Asessment (OSCA) perawat di laboratorium keperawatan SHB Purwokerto beberapa waktu lalu.

Ujian ini terbagi menjadi dua kelompok yakni mahasiswa A dan B dengan jumlah masing-masing 48 mahasiswa. Koordinator UAP D3 Keperawatan SHB Purwokerto, Atun Raudotul Marifah S.Kep, Ns, M.Kep mengatakan, dalam ujian OSCA ini mahasiswa diuji kemampuannya dalam beberapa hal yang berkaitan dengan dunia keperawatan.

Sistem ujian yang diterapkan D3 Keperawatan yaitu dengan menyediakan bentuk ujian seperti metode ujian akhir program institusi berupa metode OSCA, try out kompetensi dalam bentuk Computered Based Tested (CBT) dan uji identifikasi anatomi.

"Dalam uji identifikasi anatomi ini, mahasiswa harus menyebutkan nama-nama anatomi tubuh yang terdiri dari 100 soal. Soal sudah dipasang di setiap phantom anatomi tubuh, dan mahasiswa menjawab setiap soal hanya diberi waktu dua menit," papar Atun.

Ujian OSCA ini menjadi tempat bagi para mahasiswa untuk menunjukkan skil mereka yang sudah dipelajari sebelumnnya di kampus yang terbagi dalam berbagai mata kuliah.

Dia menjelaskan, D3 menjadi program yang lebih banyak praktiknya ketimbang teorinya dengan perbandingan 60 persen / 40 persen. Maka dari itu salah satu ujian yang menjadi penentu adalah OSCA ini, ujian yang menuntut mahasiswa mengeluarkan dan mempraktikkan skill yang sudah dipelajari.

"Setelah lulus kan nanti mahasiswa akan langsung terjun ke lapangan, jadi skill menjadi prioritas kami," ujar Atun. Dia mengungkapkan, dari pihak dosen maupun instansi tentu mengharapkan dapat menghasilkan luaran yang terbaik untuk bisa ikut dalam berkontribusi di dunia kesehatan dan bisa mengangkat almamater nantinya."

"Goalnya masyarakat mendapatkan lulusan tenaga perawat yang mempunyai standar komputensi profesional berkualitas, menguasai dan memahami ilmu yang telah didapat serta memiliki kemampuan penerapan di bidang keperawatan," imbuh dia. (ali)

 

Uji OSCA UAP OSCA 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu