Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Masyarakat urban yang terbiasa dengan gaya hidup di kota besar dimana waktu siang hari kerap kali dihabiskan dengan kesibukan pekerjaan sering kali mendapatkan stress.

Information

Date14 February 2016 8:18 am
BySuperman is gone
Views626




Kesehatan

Cara Efektif Melepaskan Stress Seusai Kerja

Date14 February 2016 8:18 am
BySuperman is gone
Views626

Masyarakat urban yang terbiasa dengan gaya hidup di kota besar dimana waktu siang hari kerap kali dihabiskan dengan kesibukan pekerjaan sering kali mendapatkan stress. Stress ini bisa berasal dari pekerjaan yang sangat berat dan dipenuhi dengan tuntutan serta deadline yang cepat. Disamping itu, perjalanan dari dan ke tempat kerja yang dipenuhi dengan kemacetan dan kesemrawutan tentu akan membuat stress menjadi lebih parah. Padahal, stress bisa memicu masalah kesehatan yang sangat besar. Kita tak perlu khawatir tentang hal ini, setelah pulang kerja, kita bisa langsung menghilangkan stress tersebut dan mendapatkan ketenangan di dalam rumah. Bagaimanakah caranya?

Tanamkan Pola Pikir Bebas Stress di Rumah

Jangan bawa-bawa stress dalam pekerjaan di dalam kehidupan di dalam rumah. Seberat apapun pekerjaan anda, anda harus menanamkan pola pikir dimana dunia kerja hanya dibawa hingga di kantor saja. Sesampainya di rumah, jangan pikirkan apapun tentang pekerjaan dan jangan bicarakan apapun yang berhubungan dengan pekerjaan. Ada baiknya email dan telepon yang berhubungan dengan pekerjaan juga tidak dicek sama sekali sehingga pikiran kita pun menjadi lebih tenang dan istirahat di rumah pun lebih nyaman dilakukan.

Mandi Air Hangat Untuk Relaksasi

Sesampainya di rumah, cobalah untuk melakukan mandi air hangat. Akan lebih baik jika kita juga bisa berendam di bath tub yang berisi air hangat karena air hangat ternyata bisa membuat otot menjadi lebih segar dan memicu pikiran yang lebih rileks. Disamping itu, berendam dengan air hangat yang ditemani dengan musik yang santai tentu akan membuat waktu rileks menjadi lebih sempurna.

Makanan dan Minuman Pelepas Stress

Selesai mandi, kita bisa mengkonsumsi teh hijau hangat. Teh hijau sendiri sering kali diasosiasikan sebagai teh yang memberikan efek relaksasi yang sangat bagus. Disamping itu, kita juga bisa mengkonsumsi pisang. Kandungan potasium yang ada dalam pisang akan membuat kadar stress menurun jauh. Disamping itu, tekanan darah juga menjadi lebih normal sehingga badan dan pikiran tidka terasa tegang. Jika ada waktu, kita bisa berjalan di taman atau setidaknya nongkrong di kafe favorit karena hal ini ternyata bisa melepaskan lelah dan juga stress. Jika anda ingin hiburan yang lebih murah, anda bisa menikmati acara televisi atau film yang cenderung lucu sehingga pikiran anda pun menjadi lebih segar.


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu