Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


71 Mahasiswa PKMD di Dua Desa

Information

Date21 May 2019 11:34 am
ByAdmin
Views76




Berita

71 Mahasiswa PKMD di Dua Desa

Date21 May 2019 11:34 am
ByAdmin
Views76

PURWOKERTO - Sebanyak 71 mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan D3 Universitas Harapan Bangsa (UHB) menyelesaikan Praktik Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di Desa Pegandekan dan Desa Pelumutan Kecamatan Kemangkon Purbalingga, Sabtu (18/5).

Tim Dosen Komunitas UHB, Noor Rochmah Ida Ayu Trisno Putri S.Kep, Ns mengatakan lokasi PKMD dipilih berdasarkan arahan dari Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan Bappelibangda dimana daerah tersebut merupakan daerah yang masih berada di garis merah.

"Mahasiswa dibagi dua. 36 mahasiswa berada di Desa Pegandekan dan 35 mahasiswa berada di Desa Pelumutan," katanya.

Ida Ayu menjelaskan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan di Desa Pegandekan yaitu penyuluhan kesehatan tentang sampah, air limbah dan kotoran ternak di setiap RT, kerja bakti satu hari serempak, pelatihan kader lansia, Posbindu Lansia dan ALS (Aksi Layanan Sehat) bekerjasama dengan Dompet Dhuafa. Sementara di Desa Pelumutan tidak jauh berbeda juga terdapat ALS beserta pengobatan gratis  bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, penanaman toga lahan masyarakat, pemilahan sampah dan mengajarkan keluarga untuk Perilaku Hidup Bersih (PHBS) serta menerapkan 16 indikator PHBS. "Antusiasme dan motivasi dari masyarakat tinggi," pungkas Ida Ayu. (yda)

PKMD 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu