Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date30 November 2019 10:58 am
ByAdmin
Views96




Berita

88 Mahasiswa Ners Lulus Uji Kompetensi

Date30 November 2019 10:58 am
ByAdmin
Views96

PURWOKERTO-  Universitas Hapaan Bangsa (UHB) Purwokerto Kembali menggelar Uji Kompetensi Ners pada tanggal 20 Oktober 2019. Hasilnya cukup memuaskan dimana tingkat kelulusan peserta mencapai 83,8 persen.

            Kepala Prodi Keperawatan D3 UHB, Tri Sumarni, S.Kep, Ns., mengatakan total peserta ujian kompetensi Ners sebanyak 105 orang dengan peserta yang tidak lulus 17 orang.

            “Peserta yang tidak lulus kebanyakan merupakan retaker yang tidak kompeten. Retaker yaitu peserta yang belum lulus,ikut ujian lagi,” katanya.

            Tri Sumarni menjelaskan sebelum ujian dilakukan,di kampis terlebih dahulu dilakukan pendalaman per stase ( KMB, anak, mater, jiwa, keluarga komunitas, gerontik, gadar kritis manajemen keperawatan) yang dilanjutkan mentoring dengan dosen per kelompok. 1 kelompok mentoring terdiri dari kurang lebih 15 mahsiswa.

            “Bagi retaker yang tidak kompeten masih diberikan kesempatan mengikuti UKOM. Rencana pada Maret 2020,” terang dia.

            Ditegaskannya uji kompetensi merupakan bagian dari upaya standardisasi registrasi dan izin praktik bagi tenaga kesehatan yang akan memberikan pelayanan kesehatan di indonesia. Bagi Ners yang kempeten, selanjutnya akan mendapatakan sertifikat kompetensi. Sertifikat kompetensi inilah yang digunakan sebagai syarat mendapatkan surat tanda registrasi (STR) perawat. STR menjadi syarat untuk bekerja di pelayan kesehatan rumah sakit maupun klinik.

            “Melalui uji kompetensi secara nasional diharapankan mampu menyaring tenaga kesehatan Indonesia yang kompeten dalam memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna kepada masyarakat, dengan prinsip utama keselamatan pasien,” pungkasnya.


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu