Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Akhir-akhir ini sedang marak beredar video singkat di media sosial yang memperlihatkan bahaya penggunaan hotspot publik, apakah video tersebut benar atau hoax?

Information

Date25 March 2019 12:53 pm
ByAnggit Wirasto
Views109




Teknologi

Bahayakah Menggunakan Hotspot Publik?

Date25 March 2019 12:53 pm
ByAnggit Wirasto
Views109

Akhir-akhir ini sedang marak beredar video singkat di media sosial yang memperlihatkan bahaya penggunaan hotspot publik, apakah video tersebut benar atau hoax? Jika benar, bagaimana cara kita untuk melindungi privasi kita saat menggunakan hotspot publik? (Indra - Kebasen)

Jawaban:

Pesan yang disampaikan video tersebut bukanlah hoax. Saat ini banyak pihak seperti pusat perbelanjaan, kafe, ruang terbuka publik dan lain-lainnya yang menyediakan akses hotspot gratis bagi para pengunjung. Namun di balik kemudahan tersebut ada bahaya yang mengancam.

Para peretas (hacker) yang menggunakan jaringan hotspot yang sama dengan Anda dapat mencegat komunikasi antara perangkat Anda dengan situs web atau perangkat lain yang sedang Anda akses, sehingga setiap informasi yang Anda kirimkan dan terima akan lebih dulu melewati si peretas. Dengan cara ini peretas dapat mencuri informasi penting seperti username dan password akun Anda.

Untuk menghindarinya, sedapat mungkin jangan gunakan hotspot publik saat mengakses media sosial, email, perdagangan, apalagi internet banking. Lebih baik gunakan jaringan data seluler. Jika terpaksa menggunakan hotspot publik, selalu perhatikan hal-hal berikut:

  1. Hanya akses situs yang menggunakan protokol https. Informasi ini bisa anda lihat di address bar browser, contohnya https://www.uhb.ac.id dengan simbol gembok terkunci di sebelahnya. Website yang menggunakan https menerapkan Secure Socket Layer (SSL) yang akan mengenkripsi data Anda sebelum dikirim.
  2. Gunakan Virtual Private Network (VPN). Layanan VPN akan membuat jalur khusus yang aman bagi Anda saat mengakses internet sehingga privasi bisa terjaga. Saat ini tersedia banyak layanan VPN yang bisa dicoba.
  3. Pastikan sistem operasi perangkat yang Anda gunakan, baik komputer, laptop maupun handphone selalu terupdate. Demikian juga dengan web browsernya. Pengembang sistem operasi dan web browser selalu memperbaiki bug dan menutup celah-celah keamanan sehingga sangat penting untuk memastikan Anda menggunakan versi terbaru.
  4. Matikan fitur berbagi file (file sharing) di perangkat Anda.

Semoga bermanfaat, salam.

(Anggit Wirasto, S.Si., M.Eng., Tim pengasuh rubrik konsultasi teknologi Universitas Harapan Bangsa Purwokerto)

teknologi internet hotspot hacker wi-fi 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu