Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date31 May 2019 8:33 am
ByAnggit Wirasto
Views103




Teknologi

Berkenalan dengan Linux

Maskot Linux - Tux
Date31 May 2019 8:33 am
ByAnggit Wirasto
Views103

Oleh: Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T. (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UHB)

Bagi sebagian besar orang mungkin Linux adalah istilah asing yang jarang didengar. Sebagian besar pula beranggapan bahwa Linux adalah sebuah sistem operasi layaknya Windows atau Mac OS. Namun faktanya Linux bukanlah sebuah sistem operasi melainkan sebuah kernel (modul utama sistem operasi). Istilah sistem operasi Linux lebih tepat mengarah kepada sebutan lain untuk distribusi Linux atau lebih tepatnya distribusi GNU/Linux atau yang lebih dikenal sebagai Linux Distro.

Lalu apa sebenarnya Linux Distro? Linux Distro bisa diartikan sebagai sekumpulan komponen yang dibutuhkan untuk sistem Linux bekerja, dan proses yang dibutuhkan supaya sistem dapat berjalan. Diluaran sana terdapat lebih dari 700 Linux Distro namun hanya sekitar 300 yang saat ini masih aktif dalam pengembangannya. Di lain sisi, perlu diketahui bahwa Linux dibangung berdasarkan sistem operasi UNIX.

Seperti yang diketahui, saat ini sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS adalah pemain utama di pasar personal komputer. Namun diluar area tersebut, keluarga UNIX masih memiliki pangsa pasar paling besar. Linux sebagai varian dari UNIX telah berkembang pesat dan bahkan menggantikan sebagian instalasi sistem operasi UNIX itu sendiri. Perkembangan pesat Linux tidak terlepas dari cara bagaimana linux didistribusikan. Linus Torvalds, penemu Linux, mengembangkan kernel Linux di lingkungan sistem operasi MINIX menggunakan GNU C Compiler yang selanjutnya meliputi GNU Tools, sehingga distribusi Linux wajib menggunakan lisensi GPL dan mendistribusikan  source code nya secara free dan open source. Maka tidak heran Linux saat ini sangat mudah dijumpai. Linux diinstal dilebih dari 97% dari 500 superkomputer tercepat didunia.

Berikut adalah beberapa Linux Distro yang popular saat ini, 1) Ubuntu; 2) Fedora; 3) Debian; 4) OpenSUSE; 5) Mint; 6) Elementary OS; 7) Arch; 8) Gentoo 9) Slackware; 10) NixOS; dll.

Semoga bermanfaat, Salam..


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu