Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date8 July 2020 9:06 am
ByKUIP
Views85




Berita

Bisnis Digital di Era New Normal dalam Webinar Fakultas Ilmu Sosial UHB

Date8 July 2020 9:06 am
ByKUIP
Views85

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Harapan Bangsa telah melaksanakan Webinar dengan Tema “Kupas Tuntas Bisnis Digital di Era New Normal” (25/06/2020). Webinar di mulai dan dibuka oleh ibu Esti Saraswati, SE, M.Si selaku moderator acara webinar, yang kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan.dan pengisian materi oleh narasumber. Narasumber pada kesempatan saat itu diantaranya Ibu Rieka Handayani selaku Head of Public Relations & Brand Activation at Mekari. Ibu Rieke Handayani menjelaskan tentang tantangan yang dihadapi oleh e-commerce selama pandemi dan bagaimana melihat pandemi sebagai kesempatan untuk memulai bisnis.

Selanjutnya narasumber adalah Alan Bayu Aji, S.H., M.H. selaku Dosen Prodi Hukum, beliau menjelaskan tentang Perlindungan Hukum bagi Konsumen di Era Bisnis Digital, di mana Narasumber kedua menyampaikan bahwa ada perubahan mendasar oleh pelaku konsumen dari konvensional menjadi secara digital. Perubahan tersebut harus diikuti dengan kebijakan maupun penegakan hukum khususnya dalam hal perlindungan data pribadi, karena konsumen ketika melaksanakan transaksi elektronik pasti menggunakan akun yang bersifat privat yang cenderung akan terjadi kebocoran.

Masuk pada narasumber ke 3 beliau adalah Bp Indra Sukma Subagio, S.E., M.Ak. selaku dosen Prodi Akuntansi, Bp Indra menyampaikan materi terkait peran sistem informasi akuntansi dalam bisnis digital. Penjelasan dimulai dengan menampilkan infografis terkait potensi pasar digital dan sejarahnya, yang kemudian dilanjutkan tentang betapa pentingnya pengelolaan informasi terkait transaksi bisnis yang dilakukan perusahaan agar perusahaan  memiliki competitive advantage. Narasumber kemudian menutupnya dengan 6 peran sistem informasi akuntansi dalam bisnis digital, mulai dari meningkatkan efektivitas dan efisiensi hingga meningkatkan kualitas pengambilan keputusan strategis perusahaan. Untuk narasumber terakhir adalah Ibu Kartika Dwi Cahandra Sari, S.E., MBA, beliau menjelaskan terkait dengan kompetensi dan melihat pandemi sebagai bisnis di era new normal nantinya.  Kompetensi dan perubahan bisnis model yang mungkin terjadi pada era new normal merupakan pembahasan yang cukup mendukung bahwa budaya untuk terus belajar harus dimiliki agar dapat bertahan dalam keadaan apapun yang akan dihadapi dimasa mendatang.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel oleh keempat pembicara dengan kesimpulan “Pada masa Pasca Pandemi Covid 19 dan saat ini yang sudah memasuki Era New Normal terdapat Perubahan perilaku Masyarakat yang cukup mendasar diantaranya adalah perubahan mekanisme bisnis dari konvensional ke arah digitalisasi. Dunia Bisnis Digital pada saat ini maupun pada masa yang akan datang memiliki peranan penting dalam tatanan kehidupan baik dalam perekonomian maupun segala aspek lainnya. Semoga kita semua tetap semangat menambah ilmu untuk meningkatkan pengetahuan walaupun menggunakan metode online seperti ini.”


Prev/Next News




© 2020 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu