Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Debat Mahasiswa Indonesia Jateng 2019 UHB Masuk Delapan Tim Terbaik

Information

Date9 July 2019 8:50 am
ByAdmin
Views39




Berita

Debat Mahasiswa Indonesia Jateng 2019 UHB Masuk Delapan Tim Terbaik

Date9 July 2019 8:50 am
ByAdmin
Views39

PURWOKERTO -  Tiga peserta debat Universitas Harapan Bangsa (UHB) yang merupakan mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan masuk sebagai delapan tim terbaik dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Jawa Tengah di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, 26 sampai 28 Juni.

Dengan juri N1 atau juri dari institusi asal peserta dan dosen pendamping Benny Krisbiantoro MPd, Joshua Evangellin, Andini Rizka Sefiola dan Fitriani Nissa Rahayu bisa lolos sampai babak perempat final. Sebagai salah satu dari dua Universitas di Kabupaten Banyumas yang mengikuti KDMI 2019, pencapaian UHB juga masih lebih baik.

Dosen Pendamping, Benny Krisbiantoro MPd mengatakan di babak perempat final pendebat UHB bertemu dengan pendebat Unnisula. Perjuangan panjang tim UHB kandas diperempat final dengan lebih kuat dan sistematisnya argumen-argumen pendebat Unissula. "Kami juga kurang memberikan contoh nyata tentang mosi yang diberikan," katanya Jumat (28/5).

Benny menjelaskan topik yang diperdebatkan mengenai mosi Filial Responsibility Law yang menjadi aturan di Amerika Serikat yang menyatakan anak dewasa harus bertanggung jawab terhadap semua kebutuhan orangtuanya. Tanggung jawab tersebut meliputi pemenuhan semua kebutuhan mulai pangan, sandang dan yang lainnya. Jika sang anak gagal maka pengadilan dapat menjatuhkan hukuman pada anak tersebut." Dalam debat kami menjadi tim pemerintah atau yang pro terhadap mosi itu," terang dia.

Dirinya melanjutkan dibabak perempat final, posisi tim pendebat apakah sebagai pihak yang pro atau kontra ditentukan melalui coin toss atau melempar koin. KDMI berjalan menggunakan sistem parlemen Asia. Pada babak penyisihan, terdapat 4 babak penyisihan untuk menentukan 8 tim terbaik yang berhak maju ke babak perempat final. Semua tim wajib mengikuti keempat babak tersebut. Dalam 4 kali debat dibabak penyisihan tersebut, tim UHB tiga kali menang satu kali kalah. Setelah dilalukan tabulasi oleh dewan juri, UHB berada di peringkat ketujuh dari 28 tim dengan poin 1000 dan berhak masuk ke babak perempat final dimana perjuangan terhenti dibabak tersebut.

"Kami cukup bangga atas prestasi ini karena mahasiswa UHB mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain dalam lomba debat KDMI tahun ini," pungkas Benny. (yda)


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu