Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date14 November 2022 8:31 am
ByReza Rokhadi
Views172




Berita

Mahasiswa Kebidanan UHB Diberi Pembekalan Dinkes Banyumas

Date14 November 2022 8:31 am
ByReza Rokhadi
Views172

- Praktek Asuhan Kebidanan di Puskesmas dan Rumah Sakit

PURWOKERTO - Sebanyak 13 mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto mendapat pembekalan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Kamis (10/11) di Gedung C 302 UHB. Pembekalan dilakukan via zoom meeting dalam rangka persiapan mahasiswa sebelum menjalani Praktek Kebidanan 2B dan EBMC, yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 November 2022 sampai 14 Januari 2023.

Wakil Rektor 2 UHB, dr. Yuris Tri Naili, S.H., K.N., M.H., mengatakan, kegiatan Praktek Kebidanan 2B dan EBMC ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan UHB untuk mempersiapkan mahasiswa, khususnya mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan UHB, untuk praktek secara langsung dan nyata terkait asuhan kebidanan di fasilitas kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit.

"Harapannya mahasiswa bisa mempraktekkan seluruh ilmu kebidanan yang sudah didapatkan selama studi di UHB secara langsung. Sehingga mendapatkan pengalaman-pengalaman terkait asuhan kebidanan secara nyata di lapangan," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UHB, Dwi Novitasari, S. Kep., Ns., M.Sc., menambahkan ada beberapa target yang diharapkan bisa dicapai para mahasiswa dalam kegiatan Praktek Kebidanan 2B dan EBMC tersebut.

Kegiatan praktek ini didasari oleh visi dan misi Prodi D3 Kebidanan UHB yang ingin mencetak dan meluluskan lulusan kebidanan yang mandiri dan berbudaya di bidang kesehatan. Khususnya di bidang kebidanan komunitas.

“Kalau saya cermati praktek EBMC ini menjadi salah satu penciri jika Prodi D3 Kebidanan UHB unggul di bidang kebidanan komunitas,” ungkapnya.

Dekan merinci setidaknya ada 11 target Asuhan Kebidanan (Askeb) yang menjadi prioritas mahasiswa dalam kegiatan ini, diantaranya Askeb kehamilan normal, Askeb kehamilan patologis, Askeb persalinan normal, Askeb persalinan normal, Askeb nifas normal, Askeb nifas patologis, Askeb BBL normal, Askeb BBL patologis, Askeb KB, Askeb gangguan reproduksi, dan Askeb komunitas.

"Masing-masing target capaian Askeb akan mendapat penilaian yang nantinya bakal diakumulasikan di akhir praktek. Dengan kegiatan ini mahasiswa juga diharapkan mengetahui apa saja hal-hal ataupun kendala yang bakal ditemui dalam praktik kebidanan di fasilitas kesehatan," jelasnya.

Dekan juga berpesan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan praktek di puskesmas dan rumah sakit nanti, untuk senantiasa menjaga nama baik almamater, jaga nama baik profesi bidan, dan nama baik Dinas Kesehatan, khususnya puskesmas yang nantinya bakal menjadi lokasi praktek.

Pada kesempatan tersebut Dekan juga secara simbolis melakukan serah terima sebanyak 13 mahasiswa yang akan melaksanakan praktik di puskesmas di wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas yang sudah ditunjuk.

“Besar harapan kami, mahasiswa dan masyarakat sama-sama mendapatkan manfaat yang positif dari pelaksanaan praktek PKK 2B dan EBMC ini,” harapnya.

Terpisah, Koordinator Praktek Kebidanan 2B dan EBMC UHB, Arlyana Hikmanti, SST., M.Keb., menjelaskan dalam pembekalan oleh Dinkes Banyumas kemarin diwakili oleh Misti Rahayu, SKM., MPH., selaku Subkoordinator SDMKSI dan Pengelola Program Dinkes Banyumas yang memaparkan materi mengenai "Kebijakan dan Situasi Kesehatan di Kabupaten Banyumas" dan materi "Teknis Praktek di Kabupaten Banyumas".

Lebih lanjut, kegiatan Praktek Kebidanan 2B dan EBMC yang diikuti 13 mahasiswa ini bakal dibagi menjadi dua periode. Pada Periode I (21 November 2022-17 Desember 2022), atau selama empat minggu, mahasiswa akan melaksanakan praktek di puskesmas yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Ada enam puskesmas yang menjadi tempat pelaksanaan praktek mahasiswa, yakni Puskesmas Sumpiuh I, Puskesmas Pekuncen I, Puskemas Kemranjen I, Puskesmas Lumbir, Puskesmas Kebasen, dan Puskesmas Sokaraja I," rinci Arlyana.

Sementara untuk Periode II, lanjut Arlyana, mahasiswa akan ditempatkan di rumah sakit umum yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga dan Banjarnegara. Yakni RSUD HJ Anna Lesmanah Banjarnegara dan RSUD Goeteng Tarunadibrata Purbalingga.

"Pelaksanaan di rumah sakit juga sama yakni empat minggu. Mulai dari 19 Desember 2022 sampai 14 Januari 2023," katanya.

Ditambahkan, selain pembekalan dari Dinkes Banyumas, mahasiswa peserta Praktek Kebidanan 2B dan EBMC juga akan mengikuti kegiatan pendalaman yang akan diselenggarakan pada 14-16 November 2022 mendatang. Sebelum dilakukan evaluasi praklinik dengan metode OSCA dan checking akhir sebelum pelepasan.

"Pendalaman dilakukan agar mahasiswa bisa lebih luwes lagi dalam praktik kebidanan, mengingat ada jeda yang cukup panjang dari kegiatan praktek sebelumnya karena proses perkuliahan," tutupnya.


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu