Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date15 February 2023 11:48 am
ByReza Rokhadi
Views262




Berita

Mahasiswa UHB Bersiap Ikuti Kegiatan Kampus Mengajar

Date15 February 2023 11:48 am
ByReza Rokhadi
Views262

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto tidak henti-hentinya memberikan kontribusinya kepada masyarakat. Di awal tahun 2023 ini, sebanyak enam mahasiswa UHB akan terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan kegiatan Kampus Mengajar.

Adapun keenam mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Kampus Mengajar yakni Nur Azizatun Zahra dan Abila Meika Putri dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Diani Romiati dari Prodi Teknik Informatika, Kiki Alfaini Nurrizki dari Prodi Sistem Informasi, dan dua mahasiswa dari Prodi Informatika, Muhammad Rizqi Ramadhan dan Ramadya Wahyu Dwinanto.

Untuk diketahui, Kampus Mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas.

Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah.

Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB) dr. Pramesti Dewi, M.,Kes., melalui Kepala Lembaga Kemahasiswaan Alumni dan Pusat Karir UHB Tin Utami, SST, S.Kep.,Ners.,M.Kes mengatakan dalam kegiatan Kampus Mengajar tersebut, para mahasiswa akan merasakan atmosfer berbeda dalam pembelajaran. Yakni belajar di luar kelas atau kampus selama 1 (satu) semester.

"Mahasiswa akan mengajar di sekolah-sekolah dasar yang ditunjuk oleh Kemendikbudristek tentang literasi dan numerasi. Masing-masing satu kali pertemuan di kelas 1-6," ujarnya.

Lebih lanjut, Tin Utami menambahkan, untuk pelaksanaan kegiatan Kampus Mengajar akan dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan 16 Juni 2023 mendatang. "Namun demikian, sebelum para mahasiswa terjun ke lapangan, mereka akan diberikan pembekalan terlebih dahulu oleh Kemendikbudristek," katanya.

"Untuk persiapan dan pembekalan semuanya akan disesuaikan oleh Kemendikbudristek. Dari UHB akan berupaya memberikan dukungan kepada mahasiswa yang terlibat, mengingat kegiatan ini memang difokuskan untuk menumbuhkan kemandirian mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baik akademis maupun non akademis," sambungnya.

Tin Utami menjelaskanm untuk penentuan lokasi atau sekolah-sekolah mana saja yang akan menjadi tujuan keenam mahasiswa dalam kegiatan Kampus Mengajar tersebut, sampai saat ini masih dalam proses pemetaan sekolah penempatan dari Kemendikbudristek.

"Proses pemetaan akan dilakukan sampai pertengahan Januari 2023 nanti. Selanjutnya akan dilakukan koordinasi dan komunikasi antara mahasiswa dan DPL dengan Dinas Pendidikan dan sekolah hingga pertengahan Februari 2023," katanya.

Dia berharap melalui kegiatan Kampus Mengajar ini, para mahasiswa dapat memaksimalkan potensi dalam dirinya masing-masing untuk meningkatkan budaya literasi di lingkungan pendidikan yang akan menjadi lokasi penempatannya.

"Kami harapkan juga lewat kegiatan ini juga bisa menjadi bekal dan pengalaman berharga bagi para mahasiswa, sebelum kembali ke kampus. Dan kami juga berpesan kepada para mahasiswa untuk tetap menjaga nama baik universitas selama kegiatan Kampus Mengajar berlagsung," pungkasnya. (yur)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu