Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date17 June 2020 2:01 pm
ByKUIP
Views55




Berita

Mengenal Profesi Perawat di Masa Kini Dalam Webinar Yang Diadakan UHB

Date17 June 2020 2:01 pm
ByKUIP
Views55

Kantor Urusan Internasional dan Pemasaran (KUIP) UHB bekerjasama dengan prodi Keperawatan UHB menyelenggarakan webinar pada senin (15/06) kemarin. Webinar yang diselenggarakan di ruang KUIP  mengangkat tema “Kuliah Biaya Sendiri: Jurus Sukses Mahasiswa Keperawatan Universitas Harapan Bangsa” menjadi rangkaian webinar kedua yang diadakan oleh KUIP UHB.

Webinar ini bertujuan untuk mengenalkan program unggulan dari Universitas Harapan Bangsa yaitu Global Internship Program Magang ke Jepang selama satu tahun. Program unggulan dari UHB ini sangat bisa mengakomodir mahasiswa UHB untuk membiayai kuliah mereka sendiri. Fasilitas atau keuntungan yang didapat dari program ini antara lain gratis tiket pesawat untuk keberangkatan, apartement dengan fasilitas lengkap, serta mendapatkan uang saku 18-23 juta perbulan. Menurut Kepala KUIP yang juga menjadi pembicara pada webinar ini, Barlian Kristanto mengatakan “Saat ini sudah ada 57 orang mahasiswa UHB yang sedang magang di Jepang dan tersebar di wilayah Okinawa serta Osaka.”. Dengan pengalaman yang di dapat selama kuliah membekali mereka dengan ilmu yang aplikatif serta kemampuan bahasa Jepang dan juga budaya di negeri sakura. Menjadikan modal mereka untuk melakukan Jump Start untuk karir mereka sebagai perawat internasional.

Nanjar Widyastuti dan Dewi Ratnaningsih, mahasiswa Fakultas Kesehatan UHB yang saat ini sedang mengikuti Global Intership Program hadir sebagai pembicara langsung dari Okinawa, Jepang. Mereka membagi pengalamannya tentang bagaimana kehidupan dan juga profesi perawat disana serta tentang budaya dan jurus sukses kuliah biaya sendiri.  

Integrasi kurikulum dengan program magang di Jepang ini menjadi strategi yang efektif bagi mahasiswa dan juga Universitas Harapan Bangsa dalam mencetak perawat professional di masa kini. Hal ini telah dipaparkan oleh Tri Sumarni, S.Kep, Ns., M.Kep, dalam webinar sebelumnya  yang mengusung tema “Mengenal Profesi Perawat di Masa Kini”. Perawat masa kini adalah perawat yang memiliki pengetahuan yang luas, critical thinking dan aware terhadap teknologi informasi dengan mengutamakan keselamatan pasien dan mutu pelayanan keperawatan. “Prodi keperawatan UHB memberikan nilai lebih kepada calon perawat masa kini yaitu kompetensi Bahasa asing seperti Bahasa Arab, Inggris, dan Jepang” ungkap Tri Sumarni, S.Kep, Ns., M.Kep, selaku ketua program studi S1 keperawatan UHB.

Webinar series 1 yang diadakan pada jumat (12/06) lalu juga menghadirkan alumni Universitas Harapan Bangsayang saat ini berkiprah sebagai perawat internasional di Arab Saudi dan Jepang. Hal ini semakin menjadi bukti nyata akan keberhasilan prodi keperawatan UHB untuk melahirkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan professional.

Adapun alumni yang hadir sebagai pembicara yaitu Wahyu Romadhoni, S.Kep, Ns. (Perawat IGD di Pioneer Specialist Medical Center, Riyadh, Arab Saudi), Hiesty Prastika, S.Kep, Ns. (Perawat Hemodialisis di Integrated Renal Care Centre, Riyadh, Arab Saudi), Viny Lufiasari, S.Kep, Ns. (Perawat Gerontik di Arruntenheim Yokokura, Miyama Shi, Fukuoka, Jepang). Mereka dengan penuh semangat berbagi kisah dan pengalaman mereka sebagai perawat Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Webinar series yang diadakan mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat terbukti total sekitar 1.200 orang yang berasal dari berbagai profesi mulai dari dosen, perawat, mahasiswa, pelajar dan beragam profesi lainnya mengikuti jalannya webinar yang diadakan secara live melalui aplikasi Zoom dan juga live streaming youtube di channel Universitas Harapan Bangsa. Peserta yang ikut pun berasal dari seluruh penjuru Indonesia, dari Aceh hingga Papua. 

Tujuan dari kedua webinar ini adalah mengenalkan kepada masyarakat umum akan profesi perawat masa kini yang membutuhkan tidak hanya hard skill, tapi soft skill dan kompetensi lainnya untuk mampu bertahan di era global dan digital ini. Sehingga tidak tergerus oleh arus perubahan jamam serta tergantikan oleh mesin atau teknologi.

Profesi perawat merupakan salah satu profesi yang masih mendominasi dimasa mendatang dengan kesempatan kerja yang luas. Oleh karena ini, bisa menjadi salah satu pilihan profesi yang patut ditekuni. Program studi S1 dan D3 Keperawatan Universitas Harapan Bangsa merupakan pilihan tepat untuk mewujudkan impian menjadi perawat profesional dan mampu berkiprah dikancah internasional.


Prev/Next News




© 2020 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu