Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date27 June 2022 12:00 am
ByLPM UHB
Views519




Berita

Pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa

Date27 June 2022 12:00 am
ByLPM UHB
Views519

Asesmen Lapangan Daring (ALD) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana Fakultas Ilmu Sosial Universitas Harapan Bangsa dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dalam Surat Tugas Nomor : 695/BAN-PT/SPT-AK/A/2022, yaitu pada Jumat 24 Juni 2022 sampai dengan Sabtu 25 Juni 2022.

Akreditasi dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi) dengan asesor Prof. Dr. Baso Jabu, M.Hum dan Dr. Oikurema Purwati, M.A., M. AppL. Adapun unggah dokumen akreditasi sudah sejak September 2021, sementara persiapan untuk pelaksanaan visitasi asesor sudah berlangsung kurang lebih dua pekan sebelumnya, yaitu mulai tanggal 9 Juni 2022.

Pembukaan dimulai dengan sambutan oleh Ibu dr. Pramesti Dewi, M.Kes selaku Rektor Universitas Harapan Bangsa kemudian dilanjutkan dengan Virtual Room Tour sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa oleh ibu Litya Surisdani, S.H., M.H. dan Bapak Salman Alfarizi, S.Hum selama kurang lebih 30 menit.

Bapak Alfizi, S.E., M.M. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Harapan Bangsa memaparkan mengenai visi misi Fakultas Ilmu Sosial. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa didirikan pada 2018, bersamaan dengan alih bentuk dari STIKES Harapan Bangsa menjadi Universitas Harapan Bangsa. Sebagai program studi yang terbilang baru dibentuk, tentu menjadi tantangan tersendiri untuk mengenalkan kepada masyarakat. Sejauh ini sudah dilakukan promosi dan sosialisasi baik secara langsung menuju SMA / SMK maupun menggunakan media banner yang dipasang di tempat - tempat strategis. Berdasarkan riset pasar, sejauh ini terdapat 3 institusi lain di Kabupaten Banyumas yang mendirikan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sehingga dinilai sangat potensial untuk terus dikembangkan.

Selanjutnya, Ibu Tri Pujiani, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa memaparkan tentang naskah kurikulum, jadwal berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar, adapun model pembelajarannya adalah Hybrid 40% online learning menggunakan scalsa dan 60% tatap muka. Pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Harapan Bangsa dipimpin oleh Dekan dan Kaprodi, tidak terdapat wakil dekan. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan oleh Kaprodi dibantu dengan beberapa departemen. Mengenai rencana berkelanjutan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah disusun Renstra (Rencana Strategis) 2018 - 2023

Berkaitan dengan penjaminan mutu, Ibu Ns. Indri Heri Susanti, S.Kep., M.Kep memaparkan tentang adanya monitoring dan evaluasi setiap unit kerja dan program studi, untuk meningkatkan kualitas dan mutu Universitas Harapan Bangsa telah dilaksankan External Benchmarking ke Unsoed dan Unika untuk mempelajari lebih lanjut tentang AMI dan SPMI.

Bapak Barlian Kristanto, S.Pd., M.Hum menyampaikan tentang pelaksanaan kerja sama nasional dan internasional. Ibu Etika Dewi C, SST., S.Kep., Ns., M.Kes selaku ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) memaparkan tentang penelitian yang telah dilaksanakan oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana, dan besaran hibah dikti yang diperoleh. Pada akhir sesi hari pertama Asesmen Lapangan Daring terdapat sesi dengan mahasiswa untuk mengkonfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kemampuan mahasiswa.

Pada hari kedua pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana dilanjutkan dengan penyampaian feedback, finalisasi berita acara, dan penutupan. Secara keseluruhan acara ini berlangsung lancar dan menuai respon positif dan para asesor. Diadakannya Asesmen Lapangan Daring diharapkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa dapat terus meningkatkan mutu dan kualitas, serta mengimplementasikan rekomendasi yang membangun dari para asesor.

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu