Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Pentingnya Web Usability

Information

Date9 April 2019 10:11 am
ByAnggit Wirasto
Views167




Teknologi

Pentingnya Web Usability

Photo by Headway on Unsplash
Date9 April 2019 10:11 am
ByAnggit Wirasto
Views167

Oleh: Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T. (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UHB)

Seringkali ketika mengunjungi sebuah website untuk mencari informasi saya dibuat bingung dengan menu-menu yang ada. Tidak jarang pula informasi yang ditampilkan tidak teratur, terlalu banyak efek/popup iklan yang sangat mengganggu. Hal yang mau saya tanyakan, apa yang sebenarnya harus diperhatikan dalam membuat sebuah website supaya mudah digunakan?

Terima kasih,

Ardi – Pelajar, Tanjung

Jawaban

Dewasa ini, globalisasi menjadi hal yang umum dan popular di kalangan masyarakat modern. Informasi setiap saat berubah dan berkembang dengan sangat cepat, akibatnya jumlah informasi yang tersedia di Internet menjadi sangat besar dan masih terus meningkat. Hal yang dikhawatirkan dengan banyaknya informasi yang terus bertambah adalah sulitnya pengguna mencari informasi spesifik yang mereka cari.

Untuk mengatasi jumlah informasi yang sangat besar dan terus tumbuh, sebuah Website harus memberikan pengalaman yang positif kepada pengguna. Kemudahan dan kenyamanan harus benar-benar diperhatikan dalam setiap pengembangannya. Usability diartikan sebagai kualitas pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan suatu produk atau sistem, termasuk didalamnya website. Usability adalah tentang efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Di sisi lain, Usability mengukur sejauh mana kemudahan dapat dirasakan oleh pengguna.

Usability dapat dicapai dengan mengoptimalkan pengalaman pengguna melalui independensi browser, aksesibilitas, perilaku yang diharapkan, struktur logicwebsite,  serta tata letak. Selain itu, konten yang membingungkan dan penggunaan efek yang mengganggu harus dihindari. Sebuah website harus memberikan konten bermanfaat  yang  relevan dan sesuai dengan harapan pengguna. Di luar konten, hal-hal lain yang harus diperhatikan antara lain pemilihan penggunaan teks, gambar, link, grafik, dan objek multimedia. Navigasi dan struktur website juga harus diatur sedemikian rupa untuk memenuhi harapan pengguna. Untuk mencapai tujuan tersebut user testing perlu dilakukan diawal sebelum proses pengembangan lebih lanjut.

Beberapa peneliti mengatakan salah satu keuntungan dari usable website adalah dapat meningkatkan kepercayaan pengguna. Tanpa kepercayaan, pengguna mungkin saja akan pergi.

Jika sebuah website sulit digunakan maka pengguna akan pergi. Jika informasi yang disajikan sulit untuk dimengerti atau tidak dapat menjawab pertanyaan pengguna, mereka akan pergi. Sebaliknya, ketika pengguna percaya, mereka akan mengunjunginya lebih sering. Usability adalah salah satu karakteristik penting yang membuat suatu website mudah digunakan dan berkualitas.

Featured 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu