Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Beberapa orang dapat mengalami gangguan pusing kepala pada saat bangun tidur

Information

Date20 March 2016 9:53 am
ByAdmin
Views2257




Kesehatan

Penyebab Pusing Setelah Bangun Tidur

Date20 March 2016 9:53 am
ByAdmin
Views2257

Beberapa orang dapat mengalami gangguan pusing kepala pada saat bangun tidur. Mata berkunang – kunang, kepala terasa nyut – nyut dan kadang – kadang tubuh kehilangan keseimbangan. Bahkan ada kemungkinan kita jatuh jika memaksakan diri bangun dari tempat tidur.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya rasa pusing setelah bangun tidur. Antara satu orang dengan orang lain pun bisa berbeda – beda penyebabnya. Dalam beberapa kejadian, rasa pusing kepala setelah bangun tidur adalah hal biasa dan bukan suatu masalah serius. Rasa pusing ini akan lenyap dalam beberapa saat. Situasi ini oleh para ahli dikenal dengan sebutan presyncope. Yaitu rasa pusing biasa yang tidak sampai membuat hilangnya kesadaran.

Akan tetapi, ada juga rasa pusing kepala setelah bangun tidur ini yang disebabkan oleh adanya gangguan medis. Rasa pusing ini biasanya akan sulit hilang dalam waktu singkat.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan rasa pusing setelah bangun tidur tidak lekas hilang.

1. Tekanan darah rendah

Beberapa penyebabnya adalah gangguan jantung, dehidrasi, pendarahan, kehamilan, dan kekurangan vitamin B12.

Ketika kita tidur dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan, kemungkinan besar kita akan merasakan pusing ketika bangun. Solusinya, minum air putih secukupnya sebelum tidur, atau sediakan air putih di samping tempat tidur sehingga begitu bangun tidur kita merasa pusing, langsung bisa kita minum.

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Vitamin B12 berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Jika kekurangan, maka akan timbul anemia yang menyebabkan tekanan darah menurun. Selain mudah pusing, efek lain dari kekurangan vitamin B12 adalah mudah mengantuk, mudah kesemutan, tak tahan sinar matahari dan selera makan berkurang.

Sering – seringlah makan makanan yang mengandung vitamin B12 seperti hati, dada ayam, daging sapi, telur, yogurt, oatmeal, tahu, tempe serta susu agar tidak mudah terkena tekanan darah rendah serta tidak mudah pusing setelah bangun tidur.

2. Rasa cemas dan gelisah

Rasa cemas dan gelisah yang terbawa tidur membuat nafas kita keluar masuk secara cepat sehingga mengganggu keseimbangan antara oksigen dan karbondioksida. Efeknya, pembuluh arteri menjadi sempit dan ketika bangun tidur kepala akan terasa pusing.

Solusinya, kalau kita punya permasalahan, selesaikan permasalahan tersebut sesegera mungkin agar tidak terbawa tidur. Andai permasalahan belum juga selesai, sadarilah bahwa masih ada hari esok untuk berfikir dan menyelesaikan masalah. Sekarang adalah saatnya istirahat.

3. Terkena vertigo

Menurut wikipedia, Vertigo adalah pusing yang disebabkan adanya gangguan keseimbangan pada bagian dalam telinga. Pusing yang ditimbulkan biasanya disertai sensasi berputar seolah ditarik ke alam lain. Di banyak kasus, penderita vertigo juga disertai gangguan pendengaran.

Gejala lain dari vertigo adalah mual, nyeri otot, peka pada cahaya, dan mudah lelah. Jika kita mengalami gangguan pusing kepala setelah bangun tidur disertai gangguan pendengaran, periksa segera ke dokter agar didiagnosa.

4. Efek samping obat-obatan

Obat-obatan memang memiliki khasiat masing-masing. Obat sakit kepala mempunyai khasiat meredakan atau menghilangkan sakit kepala. Obat flu berkhasiat meredakan dan mengobati flu. Obat sakit perut berkhasiat mengobati sakit perut. Begitu pula yang lainnya.

Namun, hampir semua obat – obatan juga memiliki efek samping bagi peminumnya. Diantara berbagai efek samping yang ada, pusing kepala adalah salah satunya. Obat yang memiliki kandungan diuretik, analgesik, transquilizer, anticonvulsant adalah diantara obat-obatan yang memiliki efek samping pusing kepala terutama setelah bangun tidur.ObatJika karena suatu hal Anda harus meminum obat, jangan lupa baca aturan pakai, kandungan, serta efek samping yang ada dalam kemasan. Kalau obat tersebut dari dokter, jangan sungkan untuk bertanya efek samping obat yang diberikan.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan rasa pusing setelah bangun tidur dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. (http://www.samishare.com/5-penyebab-pusing-setelah-bangun-tidur-839)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu