Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date24 March 2020 8:47 am
ByKUIP
Views49




Prodi S1 Farmasi UHB Produksi Hand Sanitizer Sendiri

Date24 March 2020 8:47 am
ByKUIP
Views49

Purwokerto – Peningkatan kebutuhan akan cairan hand sanitizer yang luar biasa hingga orang berbondong membelinya di toko atau apotik akibat panic buying membuat stok persediaan hand sanitizer menipis bahkan habis di beberapa toko atau apotik. Kondisi tersebut mendorong Universitas Harapan Bangsa (UHB) memalui Prodi S1 Farmasinya membuat hand sanitizer sendiri guna memenuhi kebutuhan di lingkungan kampus.

Dosen Prodi S1 Farmasi UHB, Desy Nawangsari, S.Farm., Apt., M.Farm mengatakan bahan untuk pembuatan hand sanitizer seperti ethanol, hydrogen peroksida, glyserin, gel lidah buaya serta essential oil dari kulit jeruk.

Penggunaan gel lidah buaya atau aloe vera diketahui memiliki efek lembut juga mempunyai efek antiseptic.

Manfaat lain penggunaan essential oil dari kulit jeruk dapat menghilangkan aroma alkohol yang menusuk hidung sehingga lebih banyak disukai.

Dijelaskannya pemakaian hand sanitizer agar benar-benar dapat efektif membunuh kuman ada aturannya. Aturan tersebut yaitu minimal dalam 30 detik di usap pada tangan hingga kering.

Dalam artian hand sanitizer meresap sampai ke dalam kulit. Terkait produksi hand sanitizer karya prodi Farmasi S1 UHB masih terbatas.

Hand sanitizer karya UHB diberikan hanya kepada civitas akademika UHB yaitu dosen dan karyawan. Untuk sementara dengan formula sesuai dengan ketentuan yang di terapkan WHO, hand sanitizer yang berhasil dibuat baru berjumlah kurang lebih 100 botol.


Prev/Next News




© 2020 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu