Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Sedotan Berbahan Stainless Steel, Amankan untuk Digunakan?

Information

Date8 April 2019 9:41 am
ByReza Rokhadi
Views173




Kesehatan

Sedotan Berbahan Stainless Steel, Amankan untuk Digunakan?

Ilustrasi sedotan stainless. Sumber gambar: google.co.id
Date8 April 2019 9:41 am
ByReza Rokhadi
Views173

Oleh : Sri Royani, M.Si.

Pertanyaan :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Perkenalkan saya salah satu pengusaha kafe di Purwokerto, Tonny. Sekarang ini sedang marak penggunaan sedotan berbahan stainless steel di kalangan masyarakat. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah sedotan berbahan stainless steel aman untuk digunakan?

 

Jawaban :

Benar sekali saudara Tonny. Memang sekarang ini sedang marak penggunaan sedotan berbahan stainless steel. Hal ini bertujuan untuk mengurangi limbah plastik yang sulit terurai dan berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Jika dilihat dari bahannya, stainless steel lebih aman digunakan untuk makanan dan minuman dibandingkan plastik. Stainless steel bebas dari Bisphenol A (BPA), yaitu bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi berbagai jenis plastik, termasuk sedotan. Bahan kimia ini dapat luntur serta mencemari makanan dan minuman. Di sisi lain, stainless steel merupakan varian besi yang tahan karat. Ia mampu menahan efek korosif dari alam dan bersifat food grade. Bahan ini bersifat ramah lingkungan, tidak seperti plastik yang membutuhkan ratusan tahun untuk terurai. Selain itu, stainless steel juga sangat mudah dibersihkan dan dirancang untuk tidak memberikan reaksi apa pun terhadap makanan dan minuman. Berbeda dengan sedotan berbahan plastik yang hanya bisa digunakan sekali pakai, sedotan berbahan stainless steel ini bisa digunakan secara berulang-ulang, dengan catatan pembersihannya harus tetap dijaga dengan frekuensi yang teratur. Karena bentuknya yang kokoh, sedotan ini bisa dibawa kemana saja tanpa takut sedotan akan rusak atau patah jika disimpan di dalam tas.

Meskipun aman dari segi kesehatan, namun bukan berarti bahan stainless steel luput dari kekurangan. Setiap kelebihan pasti ada kekurangannya. Kekurangan dari sedotan berbahan stainless steel ini adalah tidak cocok digunakan untuk anak dibawah umur. Mengingat stainless steel ini terbuat dari bahan besi dan bersifat keras sehingga dikhawatirkan akan berbahaya dan melukai anak-anak jika digunakan tanpa pengawasan orang tua. Jadi, sebisa mungkin jauhkan benda-benda yang berbahan keras dari jangkauan anak-anak dan tetap siaga awasi anak anda. Jangan lupa untuk tetap bijak menggunakan segala benda berbahan plastik dan mari beralih ke sedotan yang ramah lingkungan. Semoga bermanfaat. Salam.

Sedotan Stainless Steel 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu