Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date26 September 2016 8:52 am
ByAdmin
Views826




Berita

SHB Adakan Workshop Kurikulum D3 Keperawatan

Date26 September 2016 8:52 am
ByAdmin
Views826

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — STIKES Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, pada Senin - Selasa (19-20/8) lalu, mengadakan Workshop Kurikulum untuk Program Studi (Prodi) Diploma Keperawatan. Dalam workshop tersebut, membahasa tentang penyesuaian kurikulum dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuju ke Kurikulum berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI). Dihadiri oleh dosen dan para stakholder dari eksternal SHB.

Workshop ini dimulai dari Pukul 08.00 hingga Pukul 20.00 WIB. Stakholder eksternal yang diundang seperti rumah sakit wilayah Barlingmascakeb, organisasi profesi seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Persaturan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan masyarakat sekitar. Di hari pertama membahas capaian pembelajaran dan kajian sampai pembentukan mata kuliah. Dilanjutkan di hari kedua membahas penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP).

kepala Prodi Diploma Keperawatan SHB Murniati, SKep, Ns, MKep mengungkapkan, workshop ini sebagai tanggapan adanya Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 8 Tahun 2016. Dia menjelaskan, dalam peraturan tersebut, mulai tahun ajaran 2016/2017 harus menggunakan kurikulum KKNI. Ditambah dengan adanyan peraturan Kemendiknas Nmor 73 Tahun 2013.

"Sehingga kita undang stakholder yang ada untuk membahas terbitnya peraturan tersebut. Karena mau tidak mau, kurikulum tersebut sudah harus diaplikasikan pada Tahun ajaran 2016/2017," katanya.

Murniati juga menjelaskan, hal yang penting dalam pembahasannya yakni tentang penyesuaian antara visi misi SHB dengan Kepres tersebut. Sehingga, kata dia, dalam workshop itu, seluruh peserta rapat mencari formula dari bahan kajian hingga munculnya mata kuliah yang didasarkan pada visi misi SHB.

"Intinya dalam workshop ini merumuskan mata kuliah baru yang tidak melenceng dengan visi misi kita (SHB, red)," ujarnya.

Untuk itu, dalam kegiatan tersebut, turut mengundang stakholder dari luar SHB. Khususnya organisasi profesi seperti IBI dan PPNI. Tujuannya, tutur Murniati, sebagai pertimbangan dalam merumuskan mata kuliah, dimana mampu mencetak lulusan yang dapat terserap oleh dunia kerja.

"Alasan kita mengundang organisasi profesi agar kita tetap menjaga kualitas lulusan yang mampu menjawab tuntutan dalam dunia usaha," imbuhnya.(rez)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu