Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


ANTUSIAS : Para siswi SMP Negeri 2 Kemangkon antusias mengikuti penyuluhan Kespro yang disampaikan oleh dosen Prodi Kebidanan SHB Purwokerto.

Information

Date28 May 2018 12:00 am
BySuperman is gone
Views192




Berita

SHB Berikan Penyuluhan Kespro

Date28 May 2018 12:00 am
BySuperman is gone
Views192

PURBALINGGA - Prodi Kebidanan STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi (Kespro) di SMP Negeri 2 Kemangkon, beberapa waktu lalu. Kegiatan berjalan lancar dan sesuai rencana, hal ini terbukti dengan antusiasme yang sangat tinggi dari sebanyak 199 siswa. 

Dosen Kebidanan SHB Purwokerto, Prasanti Adriani S.SiT, M.Kes mengatakan, latar belakang diadakannya pelatihan kesehatan reproduksi yakni masih banyaknya siswi SMP yang masih belum paham tentang perkembangan dan perubahan reproduksi remaja yang sedang dialami. 

Menurutnya, siswi yang sudah menstruasi sebagian besar mengalami ketidaknyamanan atau nyeri saat haid. "Sehingga penyuluhan ini sangat diperlukan sebagai stimulus pengetahuan remaja untuk meningkatkan kesehatan reproduksi supaya dapat mengatasi segala keluhan dan ketidanyamanan selama masa remaja," ujarnya.

Dia memaparkan, menstruasi haid yang pertama (menarche) merupakan tanda pubertas. Menstruasi adalah peluruhan lapisan dalam dingding rahim (endometrium) yang banyak mengandung banyak pembulu darah.

Dia mengatakan, di saat menstruasi perempuan dianjurkan untuk minum tablet FE ( Penambah darah ) 1 kali per hari, setelah menstruasi selesai baiknya minum tablet FE 1 kali dalam 1 minggu. 

Adapun hal lain,  yaitu keputihan. Keputihan tersebut sifatnya biologis atau normal terjadi. Dengan berakhirnya penyuluhan ini, Prasanti berharap agar ilmu dapat terserap peserta didik. "Semoga ilmu yang kami berikan dapat bermanfaat bagi adik-adik SMP," pungkasnya. (ali)


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu