Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


STIKES Harapan Bangsa Berubah Jadi Universitas

Information

Date4 October 2018 12:00 am
ByAdmin is trator
Views139




Berita

STIKES Harapan Bangsa Berubah Jadi Universitas

Date4 October 2018 12:00 am
ByAdmin is trator
Views139

PURWOKERTO - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto resmi berubah menjadi Universitas Harapan Bangsa (UHB). UHB diharapkan menjadi universitas yang maju dan modern di wilayah eks karesidengan Kedu, Pekalongan dan Banyumas.
Surat keputusan perubahan bentuk dari Kemenristek Dikti diserahkan langsung oleh Ketua Lembaga Layanan (LL) Dikti Wilayah VI Jateng, Prof. Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd, Kons kepada Ketua Yayasan Pendidikan Dwi Puspita, Iis Setiawan Mangkunegara S.Kom MTI di kampus UHB, kemarin.
Dalam sambutan, Prof DYP Sugiharto mengatakan, perubahan bentuk ini tergolong istimewa, Lazimnya, perubahan bentuk sebuah sekolah tinggi sebelum menjadi universitas, terlebih dulu menjadi institut.
"Ini berbeda, STIKES Harapan Bangsa bertranformasi langsung menjadi universitas. Hal ini tentu saja karena Kemenristek Dikti menilai rekam jejak STIKES Harapan Bangsa selama memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat berjalan baik," kata dia.
Menurut dia, paradigma yang berkembang di masyarakat mengenai kualitas sebuah perguruan tinggi perlu diubah. Kualitas sebuah perguruan tinggi dapat dilihat dari status akreditasi, baik secara institusi maupun program studi.
"Kualitas sebuah perguruan tinggi tidak dinilai dari status perguruan tinggi negeri atau swasta, namun dari status akreditasi. Perlu digarisbawahi bahwa stigma yang berkembang dimasyarakat hendaknya diluruskan supaya memiliki pemahaman yang benar," ujar dia.
Dia mengatakan status akreditasi UHB sama dengan STIKES Harapan Bangsa yakni, B. Dia berpesan kepada para alumni agar tidak khawatir, karena tidak ada persolan administrasi mengenai perubahan bentuk itu.
Pembina Yayasan Pendidikan Dwi Puspita, Yadi Fakruzein Terang Jaya, SE, MM, mengatakan perubahan status itu memerlukan perjuangan dan proses panjang. Pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan untuk terus melengkapi berbagai fasilitas di kampus yang lebih modern. "Sebagai tahap awal bentuk komitmen kami mendukung UHB, tahun 2019 Insya Alloh akan dimulai proses pembangunan gedung E, setinggi delapan lantai dengan fasilitas-fasilitas untuk menungjang perkuliahan di era revolusi industri 4.0," kata dia.
UHB kini punya tiga fakultas, yaitu Fakultas Kesehatan, Fakultas Sains, dan Fakultas Ilmu Sosial. Fakultas Kesehatan terdiri atas Prodi S-1 Farmasi, S-1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, D-4 Keperawatan Anatesiologi Sarjana Terapan, D-3 Keperawatan serta D-3 Kebidanan. 
Fakultas Sains terdiri dari Prodi Ilmu Komputer/Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi dan Kimia. Adapun Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari Prodi Hukum, Akuntansi, Manajemen dan Pendidikan Bahasa Inggris. (fz-31)


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu