Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Universitas Harapan Bangsa berhasil meraih Piala Bupati Banyumas dalam Lomba Inovasi Teknologi Tingkat Nasional bertema "Beyond The Smart City with Internet of Things (IoT) Application"

Information

Date2 September 2019 1:54 pm
ByAdmin is trator
Views96




Berita

Tim Universitas Harapan Bangsa Juara IoT For Smart City

Tim Universitas Harapan Bangsa
Date2 September 2019 1:54 pm
ByAdmin is trator
Views96

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa berhasil meraih Piala Bupati Banyumas dalam Lomba Inovasi Teknologi Tingkat Nasional bertema "Beyond The Smart City with Internet of Things (IoT) Application" yang digelar di Pendopo Si Panji Purwokerto pada Sabtu (31/8/2019). Inovasi tim UHB Tech yang terdiri R. Agus Setiawan, S.Kom., M.T., dan Alan Bayu Aji, S.H., M.H., yang bertema "Meningkatkan Pemasukan Pajak Kendaraan melalui Deteksi Plat Nomor di SPBU" berhasil mengungguli tim dari Sekolah Tinggi Teknologi Telkom Purwokerto sebagai juara 2 dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sebagai juara 3.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia oleh Microsoft User Group Indonesia (MUGI) Purwokerto, sebuah komunitas yang dibentuk untuk mewadahi para peminat teknologi khususnya teknologi Microsoft. "Kami mengajak generasi penerus bangsa untuk ikut aktif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan mengajak generasi milenial menuangkan ide dan gagasannya melalui karya teknologi," demikian penjelasan Ketua MUGI Purwokerto, Agus Suparno, S.Si., M.Eng.

Babak final yang dibuka oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein diikuti oleh 30 finalis dari berbagai kota di Indonesia yang memaparkan hasil inovasinya di depan dewan juri yang terdiri dari perwakilan Microsoft Indonesia, Dicoding Academy dan Diskominfo Kabupaten Banyumas. Ke-30 finalis ini dipilih dari total 45 peserta yang mengirimkan idenya dan mengupload video preview purwarupa produk melalui Instagram dan YouTube.

Irving Hutagalung, Senior Cloud Solution Architect Microsoft selaku juri mengatakan inovasi UHB Tech sangat menarik karena menawarkan konsep peningkatan pendapatan daerah disaat mayoritas peserta lain menawarkan konsep cost reduction. Sedangkan juri dari Diskominfo Kabupaten Banyumas, Alfan Lily Armansyah, mengatakan inovasi dari tim UHB Tech meskipun sederhana namun fresh dan orisinil. Dalam kesempatan ini juga Irving Hutagalung dan advisor Dicoding Academy, Firstman R. Marpaung, membagikan beberapa tips yang sangat bermanfaat bagi peserta mengenai teknik presentasi dalam memaparkan produk inovasi baik untuk keperluan lomba maupun penawaran bisnis. 

Sekda Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya di era industri 4.0 peran generasi muda dalam pengembangan teknologi sangat dibutuhkan guna kemakmuran dan kemajuan bangsa dan negara. Lomba ini sangat mendukung Pemkab Banyumas sebagai salah satu 100 kota menuju Smart City," katanya saat menutup acara.

Anggit Wirasto, S.Si., M.Eng., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UHB selaku pendamping dan pembina tim mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan timnya sangat singkat. Dimulai dari brainstorming ide sampai penuangan gagasan ke dalam bentuk purwarupa produk hanya dilakukan dalam waktu kurang dari tiga minggu. "Alhamdulillah, Yayasan Pendidikan Dwi Puspita dan Universitas Harapan Bangsa sangat mendukung kami, sehingga waktu yang singkat tersebut dapat kami maksimalkan untuk meraih hasil terbaik," pungkasnya.


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu