Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date12 May 2016 8:33 am
ByAdmin
Views1567




Sosok

Trik Khusus untuk Mahasiswa Baru

Date12 May 2016 8:33 am
ByAdmin
Views1567

Trik Khusus untuk Mahasiswa Baru - Surtiningsih, SST

Laboratorium di dalam instansi pendidikan menjadi salah satu fasilitas penting yang bisa menunjang keberlangsungan belajar para mahasiswanya. Fasilitas seperti laboratorium juga memiliki orang yang siap untuk menjaga keberlangsungan aktifitas di dalamnya.

Surtiningsih SSTSurtiningsih SST, salah satu dosen STIKes Harapan bangsa Purwokerto (SHB), bertanggung jawab terhadap keberlangsungan laboratorium di SHB. Menjadi keasyikan sendiri bagi dosen Prodi Kebidanan ini untuk mengenalkan laboratorium beserta isinya. Dalam mengajar ia bertanggung jawab mengampu mata kuliah Kebidanan Dasar dan Praktek Dasar.

Menurut dosen yang sudah mengajar di SHB sejak tahun 2009 ini, mengajar kebidanan dasar dan praktek dasar memiliki tantangan tersendiri. Ia harus tanggap menghadapi mahasiswi baru yang tidak semua memiliki background dalam dunia kesehatan. Sering kali ia harus menerapkan strategi dalam mengajar. Dengan memahami karakter para mahasiswa, ia menghadapi mahasiswa untuk bisa menerapkan metode paling baik untuk mengajarkan mata kuliah yang diampunya.

"Saat praktik, ada yang takut pada jarum suntik atau phobia pada darah, hal tersebut membuat saya harus mencari cara untuk bisa menghadapi mahasiswi seperti itu," - Surtiningsih, SST.

Pada praktik yang ia lakukan di laboratorium bersama para mahasiswi, kadang kala ia menyuruh mahasiswi melakukannya pada temannya untuk praktik kecil, memasang infus. Tujuannya agar mahasiswa tahu bagaimana nanti saat mereka melakukannya terhadap pasien mereka. Tentu semua hal yang dlakukan dalam pengawasan dosen atau pembimbing.

"Saat mereka sudah termotivasi, harapannya kelak bisa menjadi bidan yang profesional dan bisa berkontribusi di dunia kesehatan," pungkas Surtiningsih. (stw)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu