Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Penandatangan kerjasama (MoU) desa binaan oleh Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB), dr Pramesti Dewi MKes dengan Kepala Desa Pandak

Information

Date24 June 2019 11:37 am
ByAdmin
Views72




Berita

UHB Berikan Beasiswa Penuh 10 Warga Pandak

Date24 June 2019 11:37 am
ByAdmin
Views72

PURWOKERTO - Penandatangan kerjasama (MoU) desa binaan oleh Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB), dr Pramesti Dewi MKes dengan Kepala Desa Pandak, Rasito pada Senin (17/6) menjadi lanjutan acara dari Praktik Pembangunan Masyarakat Desa (PKMD) Prodi Kebidanan D3 Fakultas Kesehatan UHB serta penyerahan mahasiswa kepada warga setempat.

Tidak hanya itu, dalam rangka mensukseskan program Pemerintah Desa Pandak di bidang peningkatan pendidikan dengan "Satu Rumah Satu Sarjana" maka UHB bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pandak memberikan kesempatan kepada 10 warga Desa Pandak untuk melanjutkan pendidikan cuma-cuma.

Kepala KHIP UHB, Madyo Maryoto SKep Ners MNS mengatakan model beasiswa yang diberikan yaitu beasiswa penuh bebas biaya sampai wisuda dari Yayasan Pendidikan Dwi Puspita sebagai penyelenggara UHB pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020. Adapun syarat yang dibutuhkan yaitu merupakan lulusan SMA, SMK atau MA. Melampirkan foto bewarna 3x4 4 lembar, fotocopi ijazah dilegalisir, KTP dan kartu keluarga serta mengisi formulir dan surat pernyataan beasiswa mitra dengan rekomendasi dari desa.

"Umur tidak dibatasi. Tanpa tes. Jadi UHB menerima sesuai rekomendasi dari desa," katanya Jumat (21/6).

Madyo menjelaskan beasiswa yang akan diberikan tidak hanya kepada warga Desa Pandak. Beasiswa juga diberikan kepada kurang lebih 15 institusi pemerintah dan swasta yang menjadi mitra UHB. Desa Pandak sendiri menjadi desa binaan UHB untuk pengabdian masyarakat, penelitian dan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun alokasi program studi beasiswa yaitu S1 Kimia 1 orang, S1 Sistem Informasi 2 orang, S1 Teknologi Informasi 1 orang, S1 Hukum 2 orang, S1 Akuntansi 2 orang dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris 2 orang.

"Seleksi diserahkan kepada pihak desa. Semua warga bisa mendaftar asalkan siap untuk kuliah regular," terang dia.

Ketua Pelaksana Praktik PKMD Prodi Kebidanan D3 UHB, Feti Kumala Dewi SST MKes menambahkan jumlah mahasiswa Program Studi Kebidanan D3 Fakultas Kesehatan UHB semester VI (Enam) yang mengikuti PKMD sampai 13 Juli mendatang di Desa Pandak sebanyak 35 mahasiswa. Tema yang diambil ialah "Optimalisasi Kesehatan Ibu Dan Anak Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Terintegrasi".

 

"Mahasiswa terbagi dalam 5 kelompok dalam 5 RW. Setiap RW 1 dosen pembimbing," katanya.

Feti menjelaskan sebagai awal kegiatan pengkajian selama satu minggu dilakukan untuk mengidentifikasi masalah-masalah kebidanan komunitas di masyarakat. Usai Musyawarah Masyarakat Desa (MMD I) untuk menjelaskan tujuan pelaksanaan praktik kerja lapangan terdapat juga MMD II merumuskan masalah-masalah kebidanan komunitas dan membuat perencanaan/ strategi pelayanan yang berkaitan dengan kebidanan komunitas secara berkesinambungan, melaksanakan pelayanan kebidanan komunitas selama dua minggu sesuai dengan perencanaan/ strategi yang disusun pada MMD II sampai MMD III untuk mengevaluasi pelaksanaan pelayanan kebidanan komunitas sekaligus penarikan mahasiwa.

"Hasil identifikasi masalah- masalah kebidanan komunitas di masyarakat Desa Pandak belum dilaporkan mahasiswa karena masih pendataan," terang dia.

Diharapkan setelah mengikuti praktik PKMD, mahasiswa diharapkan mampu membina kesehatan keluarga dalam komunitas dan membina kesehatan warga di daerah binaan yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik problem solving.

"Rencana musyawarah masyarakat desa selanjutnya dilangsungkan 28 Juni mendatang," pungkas Feti. (yda)


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu