Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Sebagai salah satu bentuk kegiatan sosial, Universitas Harapan Bangsa kembali menggelar donor darah

Information

Date25 March 2019 2:32 pm
ByReza Rokhadi
Views89




Berita

UHB Kembali Gelar Donor Darah

UHB rutin menggelar donor darah sebagai bukti kepedulian terhadap sesama
Date25 March 2019 2:32 pm
ByReza Rokhadi
Views89

Purwokerto- Sebagai salah satu bentuk kegiatan sosial, Universitas Harapan Bangsa kembali menggelar donor darah Rabu (20/3) mulai pukul 09.00-13.00 WIB. Dari sebanyak 79 peserta, 61 orang diantaranya lolos tes kesehatan. Penanggung Jawab Kegiatan, Reni Dwi Setiyaningsih, SKM, MPH mengatakan, hal ini dikarenakan ada beberapa peserta yang tidak lolos tes kesehatan ataupun memiliki kondisi yang kurang sehat. Sehingga jumlah darah yang terkumpul 61 kantong. 

"Kami memang rutin untuk melakukan kegiatan ini. Selain kemanusiaan, tujuannya adalah membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI dan mendorong gaya hidup sehat mahasiswa melalui donor darah," ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, Universitas Harapan Bangsa sudah terbentuk KDDS (Kelompok Donor Darah Sukarela). UHB rutin melakukan kegiatan donor darah setiap 3 bulan sekali bekerjasama dengan PMI Cabang Banyumas. 

"Pesertanya meliputi mahasiswa, dosen, karyawan dan umum," katanya

Kegiatan dilaksanakan pada hari kegiatan berlokasikan di Kampus Universitas Harapan Bangsa Purwokerto bertempat di laboratorium keperawatan. Lokasi ini dipilih karena memiliki tempat yang strategis dan jumlah peserta internal yang besar.

"Lokasi ini juga memiliki laboratorium keperawatan yang sangat mendukung kesuksesan kegiatan donor darah," katanya.

Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 dengan dilakukan pembukaan pendaftaran peserta. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan sesuai prosedur dan standar. Kemudian peserta yang lolos akan masuk keruang laborat yang sudah tersedia peralatan untuk melakukan donor darah.

"Untuk beberapa peserta yang mengeluhkan peserta yang mengeluhkan pusing karena baru pertama kali donor akan langsung ditangani oleh tim kesehatan," tutupnya. (ida)

Donor Darah 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu