Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


UHB Miliki Lab Farmasi Modern

Information

Date21 January 2019 8:21 am
ByAdmin is trator
Views185




Berita

UHB Miliki Lab Farmasi Modern

Uji Coba: Mahasiswa melakukan uji kerapuhan tablet dengan alat friability tester.
Date21 January 2019 8:21 am
ByAdmin is trator
Views185

PURWOKERTO-Universitas Harapan Bangsa semakin maju dalam ilmu pengetahuan. Saat ini, UHB dilengkapi dengan laboratorium farmasi modern yang menjadikan mahasiswa lebih terfasilitasi.

Kepala Laboratorium Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Harapan Bangsa, Surtiningsih SST M.Kes mengatakan, dengan adanya laboratorium modern ini bisa mengajarkan kepada mahasiswa mengenai teknik pembuatan sediaan farmasi baik sediaan solida, semisolida maupun liquida. "Salah satu sediaan farmasi yang dibuat yaitu tablet dalam skala laboratorium," jelasnya. 

Kegiatan yang digelar selama Oktober hingga Desember 2018 lalu ini untuk memberikan gambaran mengenai pekerjaan farmasi diproduksi sediaan farmasi.

Mahasiswa berhasil membuat tablet dengan berbagai metode meliputi kempa langsung, granulasi basah dan granulasi kering.

Untuk membuat tablet tersebut, mahasiswa secara berkelompok membuat desain produk tablet yang diinginkan. Desain produk meliputi pemilihan bahan aktif, teknik pembuatan sediaan. "Sampai dengan pemilahan eksipien (bahan tambahan) yang tepat," katanya.

Desain produk yang telah direncanakan dibuat menjadi sediaan farmasi berupa tablet. Kemudian dilakukan pengujian sifat fisik tablet dan keseragaman kandungan dari kadar obat dalam tablet dengan alat disolution tester.

Adapun pengujian sifat fisik tablet meliputi uji keseragaman bobot dan ukuran.

"Uji waktu hancur dengan alat disintegration tester serta uji kerapuhan tablet dengan alat friability tester," tutupnya. (ida) 

Laboratorium 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu