Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date4 January 2021 8:39 am
ByKUIP
Views90




Berita

UHB Resmikan Uang Kuliah Bulanan (UKB)

Date4 January 2021 8:39 am
ByKUIP
Views90

Masa resesi ekonomi seperti saat ini cukup berat bagi sebagian besar masyarakat. Secara makro, ekonomi Indonesia hanya tumbuh 2.97 % pada kuartal ini. Dengan kata lain, gelombang resesi belum akan reda walaupun Indonesia telah masuk ke fase "new normal" sejak bulan Juni 2020 ini. Impian untuk dapat mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bisa jadi hanya sekedar angan atau mimpi. Biaya pendidikan yang melambung tinggi dengan sistem pembayaran disetiap semesternya makin memberatkan masyarakat.

Oleh karenanya, Universitas Harapan Bangsa (UHB) berinovasi dalam hal sistem pembayaran kuliah bulanan yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2021/2022. Upaya ini bertujuan untuk memberikan keringanan dan kemudahan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang perguruan tinggi. Ketua Yayasan Pendidikan Dwi Puspita, Iis Setiawan Mangkunegara, S.Kom, M.T.I mengatakan dari Yayasan bersama UHB berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan demi kecerdasan anak bangsa. "Semoga dengan diresmikannya Uang Kuliah Bulanan (UKB) UHB, jangkauan pendidikan tinggi di masyarakat akan semakin luas tujuan untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa dapat terwujud," katanya. Hal lain yang menggembirakan dari Program UKB yang di launching UHB adalah tidak ada pembayaran SKS maupun uang gedung. UKB di UHB dengan tagline "Kuliah di jurusan impian, mulai dari lima ratus ribu perbulan" diharapkan mampu memenuhi hasrat masyarakat akan pendidikan yang terjangkau serta berkualitas.

Terlebih total beasiswa yang digulirkan mencapai lima milyar rupiah yang tersedia ditahun ini sebagai wujud kontribusi nyata UHB dibawah naungan Yayasan Pendidikan Dwi Puspita dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Terdapat 5 jenis beasiswa yaitu beasiswa prestasi, beasiswa pendidikan, beasiswa Yayasan Pendidikan Dwi Puspita Peduli, beasiswa yatim piatu, dan beasiswa Hafiz Al Quran. Beasiswa prestasi bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang seni, olahraga, maupun akademik dengan menyertakan piagam kejuaraan minimal tingkat kabupaten dan kategori perorangan. Beasiswa yatim piatu yang diperuntukan bagi calon mahasiswa yatim piatu dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu. Beasiswa hafidz Al Quran dengan menyertakan surat keterangan hafidz sebagai syaratnya. Beasiswa Pendidikan bagi calon mahasiswa yang mendapatkan peringkat kelas 10 besar bisa masuk melalui jalur ini, serta beasiswa yayasan pendidikan dwi puspita peduli, bagi calon mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi di sekolah dengan menunjukan surat keterangan keaktifan dari sekolah serta lolos tes wawancara sebagai syaratnya.

Acara launching UKB yang sukses diadakan pada Senin (14/12) turut mengundang beberapa sekolah mitra kerjasama dan sekolah penerima reward dari UHB. Usai launching yang berlangsung secara offline maupun online, acara dilanjutkan dengan Webinar Nasional "Innovative Digital Counselling" dengan pembicara utama Penny Handayani, M.Psi,Psikolog selaku Psikolog (Praktisi Psikologi), Dekan Fakultas Sains & Teknologi UHB, Anggit Wirasto, S.Si, M.Eng dan Guru BK SMKN 1 Purwokerto, Ratsongko Mawi Tantri, S.Psi mendapat apresiasi luar biasa dari tamu undangan serta peserta yang hadir baik online maupun offline.

Dalam masa pandemi seperti saat ini sangat dibutuhkan Psycological First Aid (PFA). PFA merupakan serangkaian keterampilan yang bertujuan mengurangi dampak stres dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan mental lebih buruk yang disebabkan oleh bencana atau suatuasi krisis. Prinsip dasar PFA sendiri adalah menerima dan memberikan rasa aman dan nyaman, membantu mengurangi ketegangan atau suasana hati yang sedang tidak oke serta menghubungkan dengan sumber bantuan/resourcenya yang dalam hal ini ada 3. Ketiganya yaitu resource internal, resource terdekat dan resource profesional.

Saat ini sudah tidak bisa konseling dengan tatap muka, telekonseling menjadi pengganti dari konseling konvensional. Telekonseling sendiri adalah penyediaan layanan pendampingan psikologis yang menggunakan teknologi telekomunikasi dengan tujuan yang sama yaitu memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap dirinya, penerimaan yang obyektif tentang dirinya, serta terhindar dari gejala kecemasan dan salah suai.

Tips dari Psikolog Penny Handayani, M.Psi,Psikolog dalam melakukan PFA adalah fokus pada kemampuan yang dimiliki, berikan bantuan sesegera mungkin, sediakan dukungan emosional, bersikap jujur dan jangan pernah menjajikan sesuatu yang tidak bisa kita penuhi, serta sediakan informasi yang akurat dan logis tentang situasi yang ada.

Images Gallery



Prev/Next News




© 2021 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu