Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date9 December 2019 11:32 am
ByRagil Kesuma
Views77




Berita

Volunteering di Luar Negeri untuk Pemuda/i ASEAN Fully Funded

Date9 December 2019 11:32 am
ByRagil Kesuma
Views77

Ada kabar baik buat kamu yang tertarik dalam bidang social volunteering. The eMpowering Youths Across ASEAN (EYAA) Programme kembali diadakan bagi pemuda/i regional ASEAN (termasuk dari Indonesia). Program EYAA merupakan hasil kerjasama antara Maybank Foundation dan ASEAN Foundation yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat ASEAN melalui program volunteering pemuda dan inovasi sosial.

Program EYAA ditujukan bagi pemuda/i yang ingin membuat perubahan dan membuat dampak positif serta bertahan lama di masyarakat. Peserta terpilih nantinya akan dilibatkan dalam proyek social volunteering di negara ASEAN. Untuk program tahun ini, EYAA juga mengundang Organisasi Masyarakat Sipil (Civil Society Organisations / CSO) dan Perusahaan Sosial (Social Enterprises / SE) di Kamboja, Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Area/bidang yang menjadi fokus pihak CSO:

  1. Community Empowerment: Structural improvement, livelihood, financial literacy, entrepreneurship and skills training
  2. Arts and Culture: Arts and handicraft project, weaving, theatre and art mentor, teaching music, dance and drama for youth
  3. Environmental Diversity:Agricultural business development, organic farmer, support farmers in rural villages, and conservation projects
  4. Education:Project that boost the elementary school student’s literacy and numeracy, skills training for teachers, work with special needs children, teaching English for youth

KUOTA PROGRAM: 100 pemuda/i

CAKUPAN BEASISWA:

  1. Tiket pesawat dari Indonesia ke negara tempat melakukan volunteering
  2. Makanan dan transportasi lokal
  3. Orientasi dan pelatihan capacity building gratis (Fully Funded) sebelum melaksanakan proyek komunitas
  4. Dana hibah untuk mengimplentasikan proyek komunitas di luar negeri

KEGIATAN YANG AKAN DILAKSANAKAN:

Sebanyak 100 peserta terpilih akan berkumpul di Bangkok, Thailand untuk berpartisipasi dalam Regional Workshop EYAA, dimana peserta akan mengikuti serangkaian program pelatihan capacity building.

Selain itu, peserta akan bekerjasama dalam menggunakan dana hibah senilai USD 200,000 (sekitar USD 20,000 per proyek) untuk menciptakan proyek komunitas (community projects) yang dapat membuat dampak positif dan bertahan lama pada masyarakat sekitar. Kemudian peserta akan melaksanakan volunteering dan mengimplementasikan proyek komunitas tersebut pada 10 situs komunitas di Malaysia, Indonesia dan Kamboja.

PERSYARATAN:

  1. Berusia antara 19 s/d 35 tahun pada tahun 2020.
  2. Merupakan warganegara dari negara anggota ASEAN (termasuk Indonesia).
  3. Lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris (baik lisan maupun tulisan). Karena pada saat pelaksanaan event, seluruh komunikasi (termasuk saat pelatihan dan mentoring) sepenuhnya dilaksanakan dalam bahasa Inggris.
  4. Berkomitmen untuk mengikuti training regional dari tanggal 17 s/d 23 Februari 2020, serta melakukan kegiatan sukarela (volunteering) di luar negeri dari tanggal 23 Maret s/d 8 April 2020.

CARA MENDAFTAR:

Untuk mendaftar program EYAA, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran secara online pada link berikut: https://www.aseanfoundation.org . Klik tulisan pendaftaran untuk Youth Applicant.

TIMELINE:

  1. Batas waktu pendaftaran: 15 Desember 2019
  2. Proses seleksi: 17 Desember 2019 s/d 25 Januari 2020
  3. Undangan: 27 Januari s/d 3 Februari 2020
  4. Regional Orientation & Training: 17 s/d 23 Februari 2020
  5. Implementasi Proyek Komunitas (dilaksanakan di Indonesia, Malaysia dan Kamboja): 23 Maret s/d 8 April 2020

Apabila ada yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kontak berikut:
Email: [email protected]
Sumber Informasi Resmi: https://www.aseanfoundation.org

Semoga bermanfaat!

 


Prev/Next News




© 2020 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu