Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date18 October 2019 10:12 am
ByReza Rokhadi
Views379




Berita

Wisuda Perdana Universitas, Dijamin Kemenristek Dikti

Foto Bersama Bupati Banyumas, Kepala LLDIKTI VI, KAdinkes Banyumas, Ketua Yayasan, Pembina Yayasan, Anggota Pembina Yayasan, Rektor UHB, Ktua PPNI Jateng dan Banyumas, Ketua IBI Banyumas
Date18 October 2019 10:12 am
ByReza Rokhadi
Views379

PURWOKERTO-Prosesi wisuda XIX merupakan momen wisuda yang pertama kali dilalui yayasan, rektor, dan civitas akademika Universitas Harapan Bangsa (UHB) sebagai universitas. Meski masih seumur jagung, capaian prestasi dari mahasiswa, dosen sampai kepercayaan dari Kemenristek Dikti patut diperhitungkan. Kepala LLDIKTI Wilayah VI Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto M.Pd, Kons., dalam sambutannya memberi apresiasi kepada Rektor UHB, karena meski kurang dari 1 tahun berjalan sebagai universitas, UHB telah mampu memperoleh prestasi di berbagai bidang dan menyalurkan mahasiswanya dan lulusannya untuk magang dan bekerja ke berbagai negara. Status UHB sebagai perguruan tinggi swasta dipayungi oleh Undang-Undang yang sama dengan universitas negeri. Tidak ada dikotomi muti perguruan tinggi baik prodi maupun lulusannya antara negeri dan swasta.

"Jangan merasa inferior. Dunia kerja tidak bertanya saudara lulusan dari universitas swasta atau negeri. Berkompetisilah dengan tampil percaya diri," katanya.

Prof. Dr. DYP Sugiharto mengungkapkan bahwa ijazah dari UHB telah dilengkapi aplikasi Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Hal tersebut membuat Nomor Ijazah Nasional (NINA) UHB terjamin kelegalitasannya oleh SIstem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL). Artinya keberadaan ijazah telah memenuhi persyaratan dimana legalitasnya dijamin oleh Kemenristek Dikti.

"Sebenarnya tidak perlu dilegalisir karena legalitasnya bisa dikontrol secara online," terang dia. LLDIKTI Wilayah VI juga berterimakasih kepada Ketua, Pembina dan Pengurus Yaysan Pendidikan Dwi Puspita karena telah membantu pemerintah. Berdasarkan data LLDIKTI, hanya ada 9 perguruan tinggi negeri (PTN) di Jateng sementara sebanyak 254 lainnya dikelola swasta. "Jadi kontribusi perguruan tinggi swasta cukup besar," ucapnya. Anggota Pembina Yayasan Pendidikan Dwi Puspita, Yadi Fakhruzein Terang Jaya, SE, MM mengatakan pada tahun pertama lahirnya, UHB telah memiliki 2 dosen bergelar Doktor dan pada tahun 2020 akan bertambah 1 dosen. Tahun ini pun ada 5 dosen yang sedang melanjutkan studi S3. Untuk jangka panjang, semua dosen UHB harus bergelar doktor dan memiliki jabatan fungsional akademik sebagai profesor. 

"Tahun ini 7 dosen UHB lolos seleksi dan mendapatkan kesempatan belajar ke Australia melalui Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Pendidikan Tinggi Vokasi Bidang Nursing Tahun 2019 yang digelar oleh Kemenristek Dikti," katanya

Untuk prestasi nasional, UHB meraih Juara II Lomba Video Humas Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti 2019. Lalu UHB juga menyabet juara I Piala Bupati Banyumas dalam lomba Inovasi Teknologi Tingkat Nasional bertema "Beyond The Smart City With Internet of Things (IoT) Application di Pendopo Si Panji, Purwokerto belum lama ini.

"Ini menunjukkan UHB memiliki tim yang handal dalam bidang IT," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Bupati Banyumas menghadiri Wisuda XIX UHB di Hotel Java Heritage, Rabu (16/10). Sebanyak 263 mahasiswa UHB menjalani prosesi wisuda XIX dengan rincian 141 merupakan Sarjana Keperawatan, 81 Ahli Madya Keperawatan, dan 41 Ahli Madya Kebidanan.

Hadir secara langsung Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto, Kepala Dinas Kesehatan Banyumas Sadiyanto SKM, M.Kes. Ketua Yayasan Pendidikan Dwi Puspita Iis Setiawan MN, S.Kom, MTI, Pembina Yayasan Pendidikan Dwi Puspita H. Syiarudin Amin SH, Anggota Pembina Yayasan Pendidikan Dwi Puspita Yadi Fakhruzein Terang Jaya SE, MM, Rektor UHB, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II bersama Dekan Fakultas Kesehatan, Sosial, Sains dan Teknologi, Forkompincam Kembaran, Kepala Instansi Rumah Sakit di Barlingmascakeb sampai Kepala Perguruan Tinggi di Wilayah Banyumas dan sekitarnya. Dari organisasi profesi hadir Ketua DPW PPNI Jateng, Ketua DPD PPNI Banyumas Fajar Triasih, S.Kep, Ns, MM dan Ketua IBI Cabang Banyumas Puji Astuti, AMd. Keb.

Wisuda 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu