Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date12 September 2023 8:25 am
ByLPM UHB
Views51




Berita

Universitas Harapan Bangsa Laksanakan Rapat Kinerja Tahunan untuk Menyusun Rencana Operasional Tahun 2024

Date12 September 2023 8:25 am
ByLPM UHB
Views51

Rapat Kinerja Tahunan (RKT) menjadi salah satu agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun di Universitas Harapan Bangsa. RKT UHB tahun ini dilaksanakan di Jade Room, Hotel Grand Karlita Purwokerto lantai 2. RKT dilaksanakan selama 2 hari berturut–turut yaitu pada Selasa, 15 Agustus 2023 sampai dengan Rabu, 16 Agustus 2023. RKT dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja universitas selama satu tahun berjalan supaya dapat merumuskan rencana operasional  yang lebih optimal untuk tahun berikutnya.  

RKT UHB Tahun 2024 dibuka secara langsung oleh Dr. dr. Pramesti Dewi, M.Kes., selaku Rektor Universitas Harapan Bangsa. Acara ini dihadiri oleh 38 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan Yayasan Pendidikan Dwi Puspita dan jajaran pimpinan Universitas Harapan Bangsa.

Sebelum RKT dilaksanakan, UHB telah menyelenggarakan workshop penyusunan renstra, hasil dari kegiatan tersebut berupa Renstra UHB tahun 2023-2028 dipresentasikan oleh Ns. Murniati, S.Kep., M.Kep., selaku wakil rektor I. Pemaparan Renstra UHB tahun 2023-2028 dalam agenda RKT adalah sebagai bentuk sosialisasi sekaligus reminder bagi segenap peserta tentang apa yang sudah dicita–citakan oleh UHB untuk 5 tahun mendatang, dengan harapan dapat memperkuat komitmen segenap pemangku kepentingan untuk menentukan langkah strategis yang sinkron dan harmonis dalam penyusunan rencana operasional. Setelah pemaparan renstra, agenda RKT dilanjutkan dengan presentasi laporan pertanggungjawaban akademik setiap program studi oleh masing–masing kaprodi, kemudian laporan pertanggungjawaban akademik fakultas oleh masing–masing dekan, serta laporan pertanggungjawaban lembaga/biro/UPT oleh masing–masing kepala lembaga/biro/UPT. Berdasarkan presentasi laporan pertanggungjawaban dapat diketahui sejauh mana tingkat ketercapaian rencana operasional tahun sebelumnya, sehingga dapat diambil pelajaran agar ketercapaian yang sudah baik dapat ditingkatkan serta mencari strategi agar dapat meraih target yang belum tercapai dengan maksimal.

Tidak berhenti hanya sampai penyampaian laporan pertanggungjawaban saja, agenda RKT hari pertama dilanjutkan dengan sidang komisi, peserta rapat dibagi menjadi 5 komisi. Komisi 1 fokus pada pembahasan seputar kurikulum, kemahasiswaan, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, adapun yang menjadi penanggung jawab komisi 1 adalah seluruh dekan. Komisi 2 fokus pada pembahasan tentang sarana prasarana, laboratorium, dan perpustakaan, adapun penanggung jawab komisi 2 adalah kepala biro administrasi akademik, umum, dan keuangan (BAAUK). Komisi 3 fokus pada penetapan Struktural Organisasi dan Tata Kelola (SOTK), penjaminan mutu, dan persiapan akreditasi lembaga/UPT, adapun penanggung jawab komisi 3 adalah kepala lembaga penjaminan mutu. Komisi 4 fokus pada pembahasan tentang Sumber Daya Manusia (SDM) dan keuangan, adapun penanggung jawab komisi 4 adalah wakil rektor II. Komisi 5 fokus pada bidang kerja sama, serta divisi teknologi dan sistem informasi (DTSI), adapun yang menjadi penanggung jawab komisi 5 adalah kepala kantor urusan internasional dan pemasaran (KUIP).

Setiap komisi diberi kesempatan untuk membahas rencana kerja untuk satu tahun mendatang sesuai bidang dan materi diskusi yang telah dipetakan. Sidang komisi berlangsung mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan 19.30 WIB, dengan dipandu oleh Ir. Purwono, S.Kom., M.Kom. sebagai moderator sehingga sidang komisi ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Setelah sesi diskusi selesai, kemudian dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi oleh masing – masing penanggung jawab komisi, pada setiap sesi presentasi juga terdapat kesempatan untuk tanya-jawab dan menyampaikan saran, supaya terbentuk kesepakatan dan penyamaan persepsi.

RKT dilanjutkan pada hari kedua dengan agenda presentasi rencana operasional dari setiap fakultas, program studi, dan lembaga/biro/UPT. Secara keseluruhan agenda dalam RKT dapat terlaksana dengan baik, tentunya hal ini tidak terlepas dari kedisiplinan, semangat kerja sama, dan antusiasme dari segenap pihak yang terlibat, sehingga mampu menciptakan suasana rapat yang harmonis, terarah, serta menghasilkan kesepakatan–kesepakatan yang terukur, aplikatif, dan sesuai dengan cita–cita yang terdapat dalam rencana strategis. Saat ini, hasil dari RKT sedang diolah lebih lanjut oleh para jajaran pimpinan, dan harapannya pada September 2023 mendatang dokumen rencana operasional berhasil disahkan.

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu