Universitas Harapan Bangsa
News & Info

UHB News

Information

Date17 May 2018 2:03 pm
ByHari Wicaksono
Views144

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

55 Mahasiswi Kebidanan Ikuti UAP OSCA


Date17 May 2018 2:03 pm
ByHari Wicaksono
Views144

PURWOKERTO - Sebanyak 55 mahasiswa semester 6 Prodi Kebidanan D3 Stikes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto mengikuti Ujian Akhir Program (UAP) Objective Structured Clinical Assessment (OSCA) Bidan di laboratorium kebidanan SHB Purwokerto beberapa waktu lalu. 

Dosen Prodi Kebidanan D3 SHB Purwokerto, Arlyana Hikmanto SST M.Keb mengatakan, dalam ujian Osca ini mahasiswa diuji kemampuannya dalam beberapah hal yang berkaitan dengan dunia kebidanan. Sistem ujian yang diterapkan D3 Kebidanan yaitu dengan menyediakan tujuh stase, dalam setiap stase ini lah terdapat persoalan yang berbeda yang harus dihadapi para mahasiswi. Namun pada dasarnya ada tujuh point yang diujikan, beberapa poin tersebut adalah, Hamil, Bersalin, Bersalin Patogis, Nifas, Bayi batru lahir (BBL), KB, Persiapan alat dan beberapa hal lainnya.

Di ujian OSCA ini menjadi tempat bagi para mahasiswi untuk menunjukkan skill mereka yang sudah dipelajari sebelumnya di kampus yang terbagi dalam berbagai mata kuliah. Ia menjelaskan D3 menjadi program yang lebih banyak praktiknya ketimbang teorinya dengan perbandingan 60 persen/40 persen. Maka dari itu salah satu ujian yang menjadi penentu adalah OSCA ini, ujian yang menuntut mahasiswi mengeluarkan dan mempraktikan skill yang sudah dipelajari.

"Setelah lulus kan nanti mahasiswi akan langsung terjun ke lapangan, jadi skill menjadi prioritas kami," ujar Arlyana.

Arlyana juga mengungkapkan, dari pihak dosen maupun instansi tentu mengharapkan dapat menghasilkan luaran yang terbaik untuk bisa ikut dalam berkontribusi di dunia kesehatan dan bisa mengangkat almamater nantinya.

"Goalnya masyarakat mendapatkan lulusan tenaga bidan yang mempunyai standar kompetensi profesional berkualitas, menguasai dan memahami ilmu yang telah didapat serta memiliki kemampuan penerapan di bidang kebidanan," tutup dia. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu