Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Sosok Fauziah Hanum NA, SST., M.Keb, Angkat Umbi Ganyong untuk Judul Tesis

Information

Date9 February 2017 12:31 pm
ByAdmin
Views1626




Sosok

Angkat Umbi Ganyong untuk Judul Tesis - Fauziah Hanum NA, SST., M.Keb

Date9 February 2017 12:31 pm
ByAdmin
Views1626

Sebagai seorang Dosen Kebidanan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto yang baru saja menyelesaikan pendidikan S2 Kebidanan di Universitas Padjajaran (Unpad), Jawa Barat, Fauziah Hanum NA, SST., M.Keb tidak ragu untuk mengangkat makanan lokal Umbi Ganyong dalam tesisnya sebagai solusi untuk mengatasi masalah kekurangan gizi pada anak.

"Indonesia memiliki potensi umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat sekaligus bahan baku tepung lokal. Nah salah satu umbi yang berpotensi tersebut ialah Umbi Ganyong," katanya.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Pangalengan, Jawa Barat pada balita usia 6 hingga 60 bulan yang diberikan jenis makanan tambahan berupa makanan lokal dengan kandungan energi 400 Kkal selama 3 bulan mampu meningkatkan berat badan hingga 70 persen. Ketidaktahuan masyarakat terhadap nilai kandungan gizi Umbi Ganyong membuat sebagian besar masyarakat hanya menjadikan Umbi Ganyong sebagai makanan ternak.

"Dalam penelitian saya, Umbi Ganyong dapat dijadikan berbagai jenis makanan bervariasi yang memiliki mutu jual tinggi seperti cookiesa dan brownies. Tidak hanya memiliki mutu jual yang tinggi, Umbi Ganyong ternyata juga dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk meningkatkan status gizi balita," tutup wanita kelahiran Banjarnegara, 30 Juli 1987 tersebut. (yda)   


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu