Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News

Information

Date9 April 2019 9:01 am
Posted ByAnggit Wirasto
Views24

Cloud Computing

Teknologi
Photo by rawpixel.com from Pexels
Date9 April 2019 9:01 am
ByAnggit Wirasto
Views24

Oleh: Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T. (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UHB)

Cloud computing adalah model komputasi jaringan yang memungkinkan untuk menyimpan dan mengakses data dan perangkat lunak melalui internet. Cloud computing menyediakan akses virtual yang memberikan layanan dinamis dan scalable. Ide utama dari teknologi cloud adalah mengelola sumber daya komputasi melalui sebuah jaringan komputer yang besar untuk menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pengguna.

Bayangkan, pengguna bisa menyimpan file, dokumen dan informasi lainnya didalam sebuah 'cloud'. Pengguna dapat menyimpan file lebih banyak, menggunakan dan mengedit dokumen, atau bahkan menghapus file yang disimpan kapan saja dan dari mana saja selama pengguna memiliki komputer, laptop, smartphone, ataupun gadget lainnya yang terhubung dengan internet.  Cloud computing menawarkan sejumlah keuntungan tanpa harus  mengeluarkan biaya investasi dalam jumlah besar.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan diantaranya: Scalability, memungkinkan menambah atau menghapus layanan sesuai dengan kebutuhan bisnis; Security, sistem keamanan mutakhir untuk menjamin keamanan data pengguna; Flexibility, tersedia banyak pilihan layanan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pengguna; Accessbility,kemudahan akses data dimana pun dan kapan pun melaui koneksi internet; Affordability, pengguna tidak perlu membeli hardware fisik sehingga dapat mengurangi belanja kebutuhan bisnis. Tidak heran, dengan kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan perkembangan cloud computing saat ini sangat cepat, nilai investasi yang dikeluarkan pun selalu meningkat setiap tahunnya.   

Berdasarkan jenis layanannya cloud computing dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu :

  1. SaaS (Software as a Service)

Jenis layanan ini memungkinkan penggunanya untuk menjalankan program aplikasi tanpa harus menginstalnya di komputer atau peralatan lainnya. Jenis layanan ini merupakan layanan yang sangat popular di teknologi cloud saat ini.

  1. IaaS (Infrastructure as a Service)

Jenis layanan IaaS memungkinkan pihak ketiga untuk membangun aplikasi tanpa harus membeli hardware atau melakukan maintenance.

  1. PaaS (Platform as a Service)

Jenis layanan PaaS menyediakan kapasitas penyimpanan hardware sesuai permintaan pengguna, untuk menjalankan aplikasi yang mereka miliki.

Dalam kegiatan sehari-hari sebenarnya kita sudah menggunakan teknologi cloud. Ketika menonton youtube, cek email, ataupun membuka facebook, sebenarnya kita sedang mengakses data yang disimpan di cloud dimana kita terhubung melalui internet ketika mengakses data tersebut. Dengan kata lain teknologi cloud computing bisa diartikan memberikan persediaan media penyimpanan atau akses ke sejumlah data yang besar melalui internet.

 

teknologi internet Cloud Computing 

Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu