Universitas Harapan Bangsa
News & Info

UHB News

Information

Date3 November 2018 9:08 am
ByHari Wicaksono
Views21

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Dosen UHB Ikuti Retooling Kompetensi


Date3 November 2018 9:08 am
ByHari Wicaksono
Views21

PURWOKERTO - Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen Universitas Harapan Bangsa (UHB) mengikuti retooling kompetensi pendidikan tinggi vokasi Dikti. Retooling Dosen Vokasi Luar Negeri tahun 2018 diselenggarakan di beberapa negara antara lain Singapore, Korea, USA dan juga Uni Eropa.

Wakil Rektor I Universitas Harapan Bangsa, Ns Martyarini Budi S, S.Kep, M.Kep mengatakann memperkuat pendidikan vokasi di tanah air, Kemenristekdikti turut berperan serta dalam Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi.

Kegiatan tersebut untuk menjawab tantangan kebutuhan penyediaan lulusan perguruan tinggi yang mampu bersaing di pasar kerja internasional.

"Sebagai bagian dari implementasinya adalah penyediaan Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi. Dan juga Beasiswa Sertifikasi Kompetensi  Mahasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi, " jelasnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, khususnya yang berjenis vokasi. Kegiatan Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi, adalah suatu upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas dosen pendidikan tinggi vokasi agar relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

"Program ini merupakan kombinasi antara training kompetensi dan sertifikasi serta magang ditempat pendidikan secara akademis atau diindustri yang sesuai dengan kompetensi yang diikuti," ujarnya.

Pada tahun 2018, kegiatan Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen pendidkan tinggi vokasi diarahkan pada bidang Ketahanan pangan, ketahanan energi, dan konektivitas, pariwisata dan Layanan kesehatan.

Juga diselenggarakan diberbagai negara untuk singapore sendiri terdiri dari 80 orang dengan bidangn Food processing, Bid Data dan Nursing.

"Perguruan Tinggi mitra di Singapore yakni Nayang Polythechnic dan Ngee An Polytechnic," ungkapnya. Nursing berada di Nayang Polytechnic. Kegiatan retooling luar negeri bidang nursing berlangsung selama delapan minggu dari tanggal 26 Agustus sampai 20 Oktober lalu.

Kegiatan mulai dari Pelatihan Advance nursing, tinjauan industri dalam hal ini rumah sakit (Rafles Hospital, Changi Hospital, NUH, Tan Tock Seng Hospital, Khoo Teck Puat Hospital, Mentally Hospital) dan pemantapan pedagogy. Selain hal tersebut, pihak Nanyang memberikan pelatihan tersertifikasi untuk Penggunanan Automated External Defibrilator (AED).

"Juga pelatihan pembelajaran laboratorium berdasarkan simulasi, Simulated Based Learning Training SBL. Saya berkesempatan untuk mengajar kelas tutorial dengan menggunakan SBL selama satu minggu," jelasnya.

Hasilnya, peserta retooling lebih bisa memantapkan diri untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Peserta akan diminta untuk bisa mengaplikasikan beberapa ilmu uang di dapat di institusinya masing-masing, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia akan meningkat dan memenuhi kebutuhan pasar. (ida)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu