Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date28 March 2016 10:33 am
ByAdministrator
Views122

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Galakkan PSN di Kedung Banteng


Date28 March 2016 10:33 am
ByAdministrator
Views122

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Beberapa waktu lalu, Banyumas digegerkan dengan banyaknya kasus demam berdarah yang terjadi. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Banyumas menggalakkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk atau PSN. Berlandaskan hal tersebut, mahasiswa STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedung Banteng.

Kegiatan PSN berlangsung pada Minggu, (20/3)lalu. Menariknya, kegiatan itu dikemas dalam bentuk yang menarik bagi warga setempat, yaitu dengan mengadakan acara di panggung hiburan di lapangan desa.

Kegiatan dimulai dengan demontrasi PSN oleh mahsiswa dan hiburan. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi RW yang bebas jentik nyamuk, dan hadiah bagi kader yang bisa menemukan jentik nyamuk di rumah warga. Tentu bukan hanya itu, banyak doorprize yang dibagikan mahasiswa.

PKMD PSN Mahasiswa di Desa Dawuhan Kedung Banteng

“Kehadiran mahasiswa di desa ini tepat sekali, sesuai dengan kondisi Kabupaten Bayumas yang sedang banyak kasus DBD,” ujar Kepala Desa Dawuhan Wetan, Sutikno, dalam sambutannya.

Tiga hari sebelumnya, mahasiswa telah menelusuri rumah – rumah penduduk dibantu oleh ibu-ibu kader PKK untuk melakukan pemeriksaan jentik nyamuk. Dosen pembimbing, Wasis Eko Kurniawan S Kep Ns MPH mengungkapkan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan praktek keperawatan Komunitas bagi mahasiswa Program studi keperawatan D3 SHB sebagai peran aktif mendukung kegiatan dinas kesehatan kabupaten Banyumas tentang PSN. Kegiatan PSN juga banyak dilaksanakan pada Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).

"Pembetukan Posyandu Lansia, Pelatihan KADER Posyandu lansia, Penyuluhan kesehatan, kebersihan lingkungan dan lain lain juga menjadi bagian dari kegiatan PKMD kami,'' ungkap Wasis Eko Kurniawan. (Stw)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu