Universitas Harapan Bangsa
News & Info

UHB News

Information

Date3 November 2018 8:19 am
ByHari Wicaksono
Views15

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Jamin Profesionalisme Perawat


Ilustrasi Ujian UKOM
Date3 November 2018 8:19 am
ByHari Wicaksono
Views15

PURWOKERTO - Sebanyak 101 perawat alumnus Universitas Harapan Bangsa mengikuti uji kompetensi perawat D3 periode Oktober 2018. Kegiatan yang digelar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan beberapa kota lain tersebut sebagai upaya untuk memperoleh Surat Tanda Register (STR).

Kepala Prodi Keperawatan D3 Universitas Harapan Bangsa Ns Murniati S.Kep, M.Kep mengatakan, kegiatan uji kompetensi nasional untuk perawat dilaksanakan untuk menjamin setiap perawat memiliki kompetensi yang dipersyaratkan.

Sebagai langkah awal sebelum perawat tersebut memasuki dunia kerja yaitu melakukan praktik pelayanan keperawatan sesuai kewanangannya. "Kegiatan ini merupakan syarat bagi perawat untuk mendapatkan  STR," ujarnya.

Ns Murniati S.Kep M.Kep menambahkan, kegiatan UKOM tersebut merupakan hal wajib yang harus diikuti oleh semua lulusan perawat baru. Selain untuk mendapatkan STR juga berfungsi untuk mengukur pengetahuan, sikap dan keterampilan yang sesuai dengan standar profesi.

"Juga untuk memberikan jaminan bahwa perawat mampu menjalankan perannya secara profesional dan aman di masyarakat," jelasnya. Tujuan dari kegiatan itu adalah sebagai salah satu tujuan pelaksanaan uji kompetensi perawat untuk menjamin kelulusan pendidikan tinggi kesehatan yang kompeten dan terstandar secara nasional.

Sehingga akan memberikan jaminan akuntabilitas profesionalisme perawat dan mempertahankan mutu pelayanan kesehatan. "Perawat memiliki kompetensi terstandar diharapkan dapat menjalankan praktik profesinya dengan aman dan profesional," ujarnya.

Selain UHB, uji kompetensi yang dilaksanakan di UMP diikuti oleh beberapa institusi kesehatan di Purwokerto yaitu Akper Yakpermas, Poltekkes Kemenkes Purowkerto, dan UMP sendiri.

"Untuk tempat memang dilakukan di UMP, karena berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh panitia Nasional Uji Kompetensi," ungkapnya. Kegiatan dimulai dari briefing sebelum kegiatan.

Briefing tidak hanya dilakukan bagi peserta ujian saja, akan tetapi juga dilakukan pada semua pengawas ujian. Pengawas dari prodi keperawatan D3 Universitas Harapan Bangsa adalah Ns Noor Yunida Triana M.Kep, Noor Rochmah Ida Ayu TP Ns, M.Kep, Madyo Maryoto Ns, MNS dan Amin Susanto, MSN.

Briefing diberikan oleh pengawas pusat, dimulai pukul 14.00 dan selesai dilakukan pada pukul 17.00 WIB. "Uji kompetensi dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober lalu," imbuhnya. (ida)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu