Universitas Harapan Bangsa
News & Info

UHB News

Information

Date14 May 2018 12:00 am
ByHari Wicaksono
Views34

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Kunci Utama Turunkan Berat Badan Berlebih


Date14 May 2018 12:00 am
ByHari Wicaksono
Views34

Tanya :
Assalamualaikum selamat sore bu bidan, Saya Ibu Sulastri fans rubrik konsultasi yang setia. Saya 89 kilogram dengan tinggi 155 sentimeter. Saya ingin bertanya, susah sekali menurunkan Berat Badan (BB). Adakah kiat menurunkan BB yang tidak menyiksa? Mohon dijawab ya, terimakasih.

Jawab :
Waalaikumsalam wr wb, selamat sore juga Bu Sulastri…..
Bu Sulastri yang saya hormati,terimakasih sudah senantiasa menunggu kolom ini dimuat dan terimakasih atas pertanyaan yang menginspirasi pembaca setia lainnya..

Jawaban yang spesifik tidak bisa dijelaskan detil karena selain menjaga pola makan harian dan olahraga, adalah kunci dari keberhasilan menurunkan BB. Namun tahukah ibu, ada baiknya dalam mengunyah makanan secara perlahan dan memberi jeda di antara suapan bisa mengurangi berat badan.

Menurut sebuah hasil penelitian yang melibatkan 60.000 orang Jepang menunjukkan ada hubungan antara kecepatan mengunyah makanan dengan penurunan atau kenaikan berat badan.

“Perubahan dalam kecepatan mengunyah makanan bisa mempengaruhi perubahan obesitas, BMI dan lingkar pinggang,” kata dua peneliti dari Universitas Kyushu di Jepang, dalam tulisan di jurnal BMJ Open.

Beberapa intervensi untuk mengurangi kecepatan mengunyah makanan, mungkin bisa efektif mencegah obesitas dan mengurangi risiko yang ditimbulkan untuk kesehatan.
BMI adalah kepanjangan Body Mass Index atau perbandingan berat badan terhadap tinggi badan.

Menurut WHO, seseorang dinyatakan kelebihan berat badan apabila memiliki BMI 25 dan obesitas bila memiliki BMI 30. Tim peneliti juga mencatat kecepatan mengunyah makanan sepanjang 6 tahun. Selama periode itu, lebih dari lebih dari setengah kelompok percobaan melaporkan penyesuaian pada satu cara atau lainnya.

“Hasil utama mengindikasikan berkurangnya kecepatan mengunyah makanan bisa menghasilkan penurunan obesitas dan BMI,” kata mereka. Hal ini mungkin karena sinyal kenyang butuh waktu untuk dikirim dari perut ke otak. 

Sedangkan pada orang-orang yang mengunyah makanan lebih cepat, sinyal tersebut ditangkap oleh otak setelah mereka mengonsumi makanan lebih dari yang dibutuhkan.

Faktor lain yang bisa mempengaruhi berat badan, adalah termasuk tidak mengudap setelah makan malam dan dua jam sebelum tidur. Kemudian sediakan waktu minimal 12 jam sistem pencernaan untuk istirahat (pada saat tidur) sehingga misal ibu makan malam terakhir di jam 19.00 kemudian anda boleh makan pagi minimal pukul 7 pagi.

(MARIA PAULINA IRMA S, S.Kep.,Ns,. M.Kep, Tim Pengampu Rubrik Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa )


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu