Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News

Information

Date21 January 2019 7:59 am
Posted ByHari Wicaksono
Views71


Mahasiswa Kebidanan Seminar Kasus

Berita
Seminan Kasus: Mahasiswa Kebidanan UHB mengikuti seminar kasus di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara
Date21 January 2019 7:59 am
ByHari Wicaksono
Views71

PURWOKERTO-Mahasiswa Kebidanan Universitas Harapan Bangsa mengikuti seminar kasus di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara beberapa waktu lalu. Sebanyak 10 mahasiswa dari mahasiswa semester V Prodi Kebidanan D3 mengikuti seminar tersebut.

Pembimbing Akademik Linda Yanti SST M.Keb mengatakan, saat kegiatan seminar kasus berlangsung dihadiri juga oleh CI dari bangsal bersalin, CI dari bangsal Nifas, dan CI dari bangsal perinatologi serta dosen pembimbing akademik. "Pada kesempatan itu juga seminar dihadiri perwakilan dari Akper Yakpermas," jelasnya.

Lebih jauh Linda mengatakan, kegiatan Evaluasi Praktik Klinik Kebidanan IIB dan Praktik Evidence Based Midwifery Care ini untuk mengevaluasi praktik klinik yang telah mereka jalani selama empat minggu di rumah sakit tersebut.

"Selama di RS mereka akan praktik di bangsal bersalin, bangsal nifas, bangsal perinatologi dan poli kebidanan," katanya.

Selama di masing-masing bangsal, mahasiswa akan mengambil sebuah kasus dan mereka melakukan pengkajian, pemeriksaan fisik. Mahasiswa juga akan menyusun rencana asuhan yang akan diberikan. "Melaksanakan asuhan lalu mengevaluasi asuhan yang telah diberikan hingga pasien dinyatakan sembuh dan boleh pulang," katanya.

Mahasiswa juga menjalani bimbingan dengan CI (Clinical Instructur) dan juga pembimbing akademik. Untuk pembimbing akademik yang bertanggung jawab untuk mahasiswa di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara adalah Fauziah Hanum Nur Adriyani SST M.Keb dan Linda Yanti SST M.Keb."Mahasiswa menjalani bimbingan hingga dinyatakan layak atau kasus tersebut siap untuk diseminarkan," ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, sebagai bahan evaluasi yang dilaksanakan secara kontinyu selama praktik berlangsung, dan menilai kompetensi mahasiswa. Diharapkan, dengan kegiatan ini mahasiswa lebih siap dalam mengaplikasikan asuhan kebidanan secara komprehensif terhadap klien baik kasus fisiologis dan patologis.

Menurutnya, dari kasus yang diseminarkan oleh mahasiswa terbagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok mengambil kasus yang berbeda. Kelompok 1 mengambil kasus ibu bersalin dengan KPD. Kelompok 2 mengambil kasus bayi dengan hiperbilirubin. Dan kelompok ketiga mengambil kasus ibu nifas dengan anemia. (ida)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu