Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date28 December 2016 9:29 am
ByAdministrator
Views131

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Mahasiswa SHB Ajarkan Enam Langkah Cuci Tangan Di SDN Ledug


Date28 December 2016 9:29 am
ByAdministrator
Views131

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id —  Sebanyak lima mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto memberikan penyuluhan kesehatan (penkes) mengenai cuci tangan 6 langkah kepada 30 siswa SDN Ledug, Kembaran, Rabu (14/12). Lima mahasiswa ini melaksanakan kegiatan dengan dosen pembimbing, Murniati M.Kep, Ns.

Dosen Keperawatan Anak Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Murniati M.Kep, Ns kepada Radarmas mengatakan, model penyuluhan yang digunakan yaitu dengan mempratikkannya langsung secara bersama-sama. Penkes menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mempratekkan ilmu yang telah didapat. "Selain itu mereka juga pada akhirnya bisa lebih memahami bagaimana mempratikkan cara penyuluhan yang benar," katanya.

Sementara untuk siswa-siswi SDN Ledug diharapkan seusai penyuluhan mereka menjadi tahu kapan saja waktu untuk harus mencuci tangan seperti sebelum memasukan makanan ke dalam mulut, sebelum mengolah makanan dan setelah buang air kecil (BAK) & buang air besar (BAB). 

"Rutin mencuci tangan 6 langkah sangat efektif untuk mencegah dan mengendalikan infeksi serta memutus alur penularan berbagai penyakit melalui tangan," sambung dia.

Murni menjelaskan, cara melakukan cuci tangan 6 langkah menggunakan sabun yang baik dan benar diawali dengan membasahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan memanfaatkan air yg mengalir. Kemudian ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan dengan cara lembut. Setelah itu usap dan gosok juga tangan beserta kedua punggung tangan dengan cara bergantian secara merata. Jangan sampai lupa untuk membersihkan jari-jari tangan dan juga menggosok sela-sela jari hingga bersih. Gosok dan putar kedua ibu jari dengan cara bergantian. Letakkan ujung jari ke telapak tangan lalu gosok secara perlahan. Bersihkan kedua pergelangan tangan dengan cara bergantian secara memutar.

"Selalu akhiri cuci tangan 6 langkah dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan menggunakan handuk atau tisu," tutupnya. (yda/bdg)    


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu