Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date17 July 2017 11:27 am
ByAdministrator
Views147

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Mahasiswa SHB Beri Penkes Posyandu


Date17 July 2017 11:27 am
ByAdministrator
Views147

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Posyandu Balita di Saphire Karangwangkal menjadi salah satu sasaran promosi kesehatan (promkes) Mahasiswa Prodi Kesehatan S1 Semester II STIKES Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, beberapa waktu lalu. Dalam promkes tersebut, para mahasiswa memberikan pendidikan kesehatan tentang nutrisi pada ibu menyusui. 

Promkes ini bertujuan agar ibu menyusi mengerti dan paham tentang pentingnya meningkatkan nutrisi pada saat menyusui. "Ibu menyusui membutuhkan konsumsi minimal 2.300 kalori perhari, tentu saja berupa menu dengan gizi seimbang dan beragam makanan di sini para mahasiswa memberikan penyuluhan hal tersebut," tutur Koordinator Mata Kuliah Promkes, Atun Raudotul Ma'Rifah MKep.

Menurutnya, salah satu mata kuliah di STIKES Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto  di Prodi Keperawatan S1 Semester II yakni Promosi Kesehatan (Promkes). Promosi Kesehatan ini menguraikan tentang konsep, prinsip-prinsip promosi kesehatan pada pasien individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat di tatanan klinik dan komunitas. Penekanan pada pemahaman dan penerapannya melalui kegiatan belajar kuliah, tugas, baca, dan praktik dengan menggunakan paradigma Student Centered Learning.

Ia menambahkan, setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan promosi kesehatan pada saat memberikan asuhan keperawatan pada setting klinik dan komunitas dengan mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dengan pasien, teman sejawat, dan tim kesehatan lain.

Ia melanjutkan, pada akhir pembelajaran, mahasiswa di diwajibkan melakukan  promosi kesehatan pada masyarakat.  Sebanyak 108 mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil melakukan penyuluhan kesehatan (penkes) di masyarakat. Ada yang di posyandu Balita dan Posyandu Lansia, di pertemuan RT, Pertemuan RW dan lainnya. 

Mahasiswa memberikan promosi kesehatan dengan materi, penkes pada pasien dengan post oprasi katarak, penkes cara penggunaan kruk pada pasien post ORIF, Penkes Imunisasi, Penkes ASI Eksklusif, penkes Diet pada penderita diabetes mellitus (Kencing Manis), senam kaki pada pasien diabetes militus, Hipertensi,  HIV, Gagal ginjal, Cara Menyusui, Kebutuhan Nutrisi pada ibu hamil, kebutuhan Nutrisi pada ibu menyusui, penkes terakit dengan demam berdarah, Diare, Gout,  TBC, Tumbuh Kembang Lansia serta Tumbuh Kembang Balita.(ali/bdg)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu