Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News

Information

Date27 November 2018 8:14 am
Posted ByHari Wicaksono
Views44


Mahasiswa UHB Aplikasikan Mata Kuliah Promosi Kesehatan Ajak Cuci Tangan

Berita
Date27 November 2018 8:14 am
ByHari Wicaksono
Views44

PURWOKERTO-Mahasiswa Universitas Harapan Bangsa (UHB) Fakultas Keperawatan D3 mengajak masyarakat untuk cuci tangan. Kali ini, warga RT 5 RW Ledug Kembaran berkesempatan mengetahui cara cuci tangan yang benar.

Koordinator Mata Kuliah Promosi Kesehatan Universitas Harapan Bangsa, Tri Sumarni S.Kep Ns, M.Kep mengatakan, mahasiswa keperawatan D3 semester 5 Universitas Harapan Bangsa, dalam mata kuliah Promosi Kesehatan, wajib mengaplikasikan promosi kesehatan pada kelompok masyarakat.

"Hal ini menjadi landasan kegiatan ini. Juga sebagai bentuk kepedulian UHB terhadap dunia kesehatan," ujarnya. Menurutnya, dalam satu kelas, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.

Mengajak anak-anak SDN 1 Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran cuci tangan yang benar.

Satu kelompok terdiri dari 4-5 mahasiswa. Kelompok tersebut untuk melakukan promosi kesehatan di sekolah dasar, di sekolah menengah pertama dan atas, di posyandu balita, posyandu lansia, posbindu penyakit tidak menular (PTM), di pertemuan PKK RT maupun RW.

"Promosi kesehatan yang sudah dilakukan di SDN 1 Dukuhwaluh kelas satu dan enam. Materi yang disampaikan adalah tentang cuci tangan," jelasnya.

Pendidikan kesehatan kelas satu dilakukan pada tanggal 7 November 2018 dengan 21 siswa anak.

Pendidikan kesehatan ke kelas enam dilakukan pada tanggal 12 November 2018, dengan 22 siswa anak. Anak-anak diberikan materi tentang pentingnya cuci tangan, enam langkah cuci tangan, kapan harus cuci tangan, akibat tidak mencuci tangan. Pemberian materi ini dengan ceramah dan pemutaran video.

"Setelah diberikan materi, anak-anak langsung mempraktikan cuci tangan," ujarnya. Anak-anak antusias dan ketika dievaluasi bisa melakukan enam langkah cuci tangan.

Promosi kesehatan juga dilakukan di pertemuan RT 5 RW 5 Desa Ledug, dengan materi yang disampaikan terkait penyakit hipertensi.

Peserta yang hadir ada 14 ibu. Setelah dilakukan pemberian materi selanjutnya, peserta dilakukan pemeriksaan tekanan darah. "Dari 14 peserta, ada tiga ibu yang tekanan darahnya tinggi," imbuhnya. (ida)

Cuci Tangan Promosi Kesehatan 

Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu