Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date26 February 2018 3:25 pm
ByAdministrator
Views152

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Matangkan Persiapan Praktik KDPK Gelar Workshop untuk Mahasiswa


Date26 February 2018 3:25 pm
ByAdministrator
Views152

PURWOKERTO-Untuk mempersiapkan mahasiswanya dalam melaksanakan Praktik Keterampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK), STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto menggelar workshop, Kamis (15/2) lalu.

Kali ini, workshop bertemakan "Establishing Midwife’s Profesionalism With Personal Development and Universal Precautions”. Workshop ini diikuti mahasiswa semester 2 dan semester 6 Program Studi (Prodi) D3 Kebidanan.

Ketua Panitia Penyelenggara, Etika Dewi Cahyaningrum SST MKes menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang etika kepribadian. "Jadi disini bagaimana memberikan pelayanan yang baik terhadap pasien," jelasnya.

Selain itu, workshop ini juga memberikan pelatihan terhadap para mahasiswa tentang pasien safety dan kewaspadaan umum (Universal Precaution).

Dia mengatakan, bidan harus memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan asuhan kebidanan yang berkualitas berdasarkan standar perilaku etis dalam praktik asuhan kebidanan. 

Pengetahuan tentang perilaku etis dimulai dari pendidikan bidan dan berlanjut pada forum atau kegiatan ilmiah baik formal atau nonformal dengan teman, sejawat, profesi lain maupun masyarakat. 

"Salah satu perilaku etis adalah bidan menampilkan perilaku pengambilan keputusan yang etis dalam membantu masalah klien. Dalam membantu pemecahan masalah ini bidan menggunakan pendekatan yang benar dalam asuhan kebidanan", ungkapnya.

Menurut dia, pelayanan kebidanan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan. Pelayanan kebidanan tergantung bagaimana struktur sosial budaya masyarakat dan termasuk kondisi sosial ekonomi, sosial demografi.

"Pasien memerlukan bidan yang mempunyai karakter seperti semangat melayani, simpati, empati, ikhlas, dan memberi kepuasan", paparnya.

Dalam workshop ini, hadir sebagai pembicara yakni Director of Sales & Marketing Aston imperium Purwokerto, Nelly Shagara, S.I.Kom dan Dosen D3 Kebidanan SHB Purwokerto, Arlyana Hikmanti, SST, M.Keb. Dalam kesempatan ini, Nelly memaparkan materi tentang Caring Manajemen Kebidanan. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu