Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date30 December 2022 7:47 am
ByReza Rokhadi
Views332




Berita

Membuat Website Tanpa Coding Ala Dosen UHB

Date30 December 2022 7:47 am
ByReza Rokhadi
Views332

PURWOKERTO - Website menjadi satu hal yang tidak terpisahkan dalam perkembangan dunia yang serba digital seperti saat ini. Seperti diketahui, website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun melalui internet.

Pada dasarnya, ada beberapa unsur yang diperlukan untuk membuat sebuah website. Diantaranya domain, hosting, kode (bahasa pemrograman), konten, dan tampilan website. Beberapa unsur tersebut biasanya berbayar seperti domain, dan kode (coding) yang cukup rumit untuk dipahami orang awam yang baru terjun ke dunia digital.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Universitas Harapan Bangsa (UHB) menggelar pelatihan "Membuat Website tanpa Coding" pada Rabu (14/12/2022) di Laboratorium Komputer Kampus II UHB. Tujuannya, agar para peserta bisa membuat website secara sederhana tanpa membeli domain dan menggunakan kode (bahasa pemrograman).

Koordinator pelatihan, Khoirun Nisa, S.Kom., M.Kom., mengatakan sama seperti halnya media sosial, website menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam aktivitas masyarakat di dunia digital (internet). Oleh karenanya, melalui kegiatan pelatihan ini, para peserta diajarkan berbagai metode pembuatan website yang simpel dan sederhana untuk dikembangkan ke depannya.

Adapun peserta yang hadir dalam pelatihan "Membuat Website tanpa Coding" terdiri atas pelajar di jenjang SMA/SMK/MA, yang berasal dari SMA Kristen, SMK 1 Purwokerto, SMA Brunderan, SMA 1 Baturraden, MAN 1 Banyumas, hingga SMA Al Irsyad.

"Para peserta langsung diajarkan praktek membuat website tanpa coding melalui berbagai platform mulai dari Google Site, Wix, hingga Wordpress," ujarnya yang juga Kaprodi Informatika UHB.

Lebih lanjut, Nisa sapaannya, yang juga memberikan materi mengenai pembuatan website via google site, menjelaskan pada dasarnya banyak jenis website yang bisa dibuat berdasarkan fungsinya. Salah satu yang diajarkan kepada peserta yakni membuat website pribadi alias website portopolio.

"Lalu juga sedikit diberikan arahan mengenai pembuatan website promosi yang berkaitan dengan e-commerce," imbuhnya.

Selain pembuatan website melalui Google Site, kegiatan pelatihan kemarin juga dikombinasikan dengan beberapa metode pembuatan website tanpa coding lainnya seperti pembuatan website melalui platform Wix (Page Builder) yang disampaikan Kaprodi Sistem Informasi UHB, Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T., serta pembuatan website via wordpress yang dipaparkan Kaprodi Teknologi Informasi UHB, Imam Ahmad Ashari, S.Kom., M. Kom.

Kaprodi Sistem Informasi UHB, Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T., menjelaskan secara umum pembuatan website melalui Wix hampir sama dengan pembuatan website pada platform lainnya. Hanya saja lewat Wix, pada pembuat website bisa lebih mudah menentukan tema dan desain tampilan yang diinginkan karena ada berbagai template website yang disiapkan di dalam Wix.

“Cara kerjanya sama seperti aplikasi Canva, yang biasa digunakan masyarakat untuk membuat konten media sosial dan berbagai konten lainnya. Sehingga lewat Wix para peserta yang didominasi oleh pelajar, bisa lebih mudah mengaplikasikannya untuk membuat website yang diingingkan,” jelasnya.

"Jadi para peserta disamping mendapatkan ilmu terkait pembuatan website, mereka juga pulang dengan membawa website pribadi masing-masing," pungkasnya. (yur)

Website Google Site Page Builder 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu