Universitas Harapan Bangsa
News & Info

UHB News

Information

Date4 July 2018 10:51 am
ByHari Wicaksono
Views99

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Mengapa Obat Harus Dikonsultasikan dengan Apoteker?


Ilustrasi konsultasi obat dengan Apoteker. (Sumber gambar google.co.id)
Date4 July 2018 10:51 am
ByHari Wicaksono
Views99

Hallo, saya Tina, 27 Tahun dari Dukuhwaluh. Beberapa waktu lalu saya pergi ke rumah sakit X untuk berobat, setelah saya diperiksa oleh dokter lalu saya di suruh menebus obat di apotek. Tapi disana saya hanya dijelaskan aturan pakai dan cara penggunaan. Saya ingin bertanya, mengapa setiap obat harus selalu dikonsultasikan kepada apoteker yang ada di apotek?


Hallo Ibu Tina, semoga sehat selalu. Baik ibu, saya akan membantu menjawab pertanyaan dari ibu Tina. Obat pada dasarnya bisa menjadi sebuah racun bila dikonsumsi sembarangan. Maka dari itu apoteker memiliki peran penting terhadap semua jenis obat.

Maka dari itu pentingnya obat harus dikonsultasikan kepada apoteker sebagai berikut:

1. Obat memiliki berbagai macam dosis. Obat memiliki banyak sekali variasi dosis.  Variasi dosis ini perlu anda ketahui dan pahami sebelum mengkonsumsi obat agar pengobatan anda berjalan dengan baik dan efisien.

2. Obat memiliki efek samping. Tidak ada obat yang tidak memiliki efek samping, tetapi tidak semua efek samping akan muncul pada pemberian obat. Efek samping sebenarnya jarang sekali muncul apabila anda telah mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dan dosis yang diberikan.

3. Obat memiliki berbagai macam interaksi. Antara obat yang satu dan yang lain saling memberikan interaksi, bisa menguntungkan, bisa pula merugikan. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara menghindari dan mencegah terjadinya reaksi yang tidak diinginkan tersebut.

4. Obat memiliki cara pakai yang berbeda-beda. Setiap obat memiliki cara dan jadwal penggunaan yang berbeda. Misalnya, sama-sama tablet tetapi ada yang dikunyah, dihisap, dilarutkan, atau langsung ditelan. Ada obat yang harus diminum 3x sehari, ada yang cukup 1x sehari. Cara penggunaan obat yang benar akan anda dapatkan jika berkonsultasi di apotek.

5. Obat bisa diganti dengan yang lebih murah. Beberapa obat mungkin tidak bisa diganti karena memang tidak ada pilihan, apalagi jika menyangkut masalah kegawatdaruratan. Namun untuk mengganti obat yang lebih murah (misal obat generik), bisa saja Apoteker menghubungi dokter pembuat resep dan menyampaikan bahwa Anda ingin obatnya diganti karena terlalu mahal. Jadi, dalam mengkonsumsi obat ada beberapa hal yang harus anda ketahui.

Informasi seputar obat tersebut selain dari dokter bisa juga Anda peroleh melalui konsultasi dengan apoteker. Apoteker adalah sahabat anda dan akan sangat senagn berbagi pengalaman dan informasi septuar obat atau kesehatan. Semoga membantu Ibu Tina.

(Oleh: Galih Samodra, S.Farm., Apt., Tim Konsultasi Kesehatan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto)

 


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu