Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date14 November 2016 1:40 pm
ByAdministrator
Views92

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

Date14 November 2016 1:40 pm
ByAdministrator
Views92

Pertanyaan (Erika, Purwokerto) :

Halo Bu Bidan..Saat ini saya tengah menyusi anak ke-2 yang berumur 1 minggu. Masalahnya puting saya lecet dan terasa sakit sekali jika menyusui. Padahal saya sudah mengikuti petunjuk dari bidan rumah sakit tentang cara menyusui yang benar. Saya ingin memberikan ASI penuh bagi bayi saya, tetapi dengan keadaan ini saya menjadi berpikir untuk memberikan susu formula saja. Adakah obat yang aman untuk mengatasinya? Mohon informasinya, terimakasih.

Jawaban :

Hai Bu Erika, selamat atas kelahirannya ya. Puting lecet merupakan hal yang umum terjadi pada seorang ibu menyusui. Biasanya, kondisi ini timbul sekitar 2 hari setelah melahirkan. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari posisi menyusui yang tidak benar atau tekanan pada puting saat menyusui karena mulut bayi tidak menempel dengan baik pada putting atau bagian sekitar payudara tidak masuk dengan benar ke dalam mulut bayi.

Bisa juga akibat infeksi jamur, adanya tali lidah atau selaput yang menghubungkan dasar mulut dengan bagian bawah lidah. Jika selaput ini meregang terlalu panjang atau selaputnya yang terlalu pendek, bayi akan mengalami masalah saat menyusui sehingga dapat menyebabkan ibu mengalami puting lecet. Saluran susu yang tersumbat dan puting melepuh oleh penggunaan pompa ASI yang tidak benar. Kondisi ini awalnya mungkin hanya menyebabkan sakit atau tidak nyaman saat menyusui tetapi lama kelamaan kondisi ini bisa membahayakan puting. Oleh karena itu harus segera diatasi.

Beberapa tips untuk mengatasinya adalah :

1. Hindari membuat kulit terlalu kering karena menggunakan sabun di bagian puting.
2. Agar sirkulasi udara berjalan dengan baik, gunakan bra katun.
3. Ganti bantalan payudara atau breast pad setelah menyusui untuk menjaga kebersihannya.
4. Setelah selesai menyusui, peras sekitar 2 tetes ASI kemudian oleskan ke sekitar kulit puting secara lembut.
5. Biarkan puting benar-benar kering sebelum kembali berpakaian.
6. Jika kulit di sekitar puting berdarah atau tampak retak. Gunakan blueband untuk melemaskannya. Jika tidak cukup membantu ibu bisa menggunakan salep sedikit-sedikit hanya pada bagian kulit yang tampak retak guna menghindari terbentuknya koreng. Dan ingat selalu cuci bersih puting dan payudara dengan air sebelum menyusui.
7. Untuk menunda nyeri saat bayi menghisap puting, ibu dapat memerah ASI secara teratur dan memberikannya lewat pipet atau sendok hingga puting cukup membaik.
8. Lakukan perawatan payudara untuk menghidari bendungan ASI atau lecet yang lebih parah.

Jika kondisi kulit permukaan puting tak kunjung membaik, saya sarankan untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Teruslah menyusui karena ASI memliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anak dan ibu. Oleh karena itu, jangan menyerah dengan kondisi puting lecet. Demikian yang dapat saya jawab. Semoga bermanfaat.

Diasuh oleh Susilo Rini, SST,M.Kes, Tim Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu