Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date16 October 2015 8:59 am
ByAdministrator
Views86

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Pelatihan Preceptorship STIKes Harapan Bangsa Purwokerto


Date16 October 2015 8:59 am
ByAdministrator
Views86

www.shb.ac.id â€” STIKES Harapan Bangsa Purwokerto terus melakukan pembenahan dalam rangka meningkatkan kapasitas institusi dan kualitas sumber daya manusia khususnya dosen dan pembimbing yang dalam kegiatan pembimbingan disebut sebagai preceptor. Dalam upaya pengembangan kualitas preceptor, STIKES Harapan Bangsa Purwokerto menyelenggarakan workshop preceptor selama dua hari yang dilaksanakan dari tanggal 2-3 Oktober 2015 di Green Valley Resort Baturaden.

Preceptorship adalah suatu metode pengajaran dan pembelajaran kepada mahasiswa dengan menggunakan perawat sebagai model perannya. Preceptorship bersifat formal, disampaikan secara perseorangan dan individual dalam waktu yang sudah ditentukan sebelumnya antara perawat yang berpengalaman (preceptor) dengan perawat baru (preceptee) yang didesain untuk membantu perawat baru untuk menyesuaikan diri dengan baik dan menjalankan tugas baru sebagai seorang perawat.(CAN,1995)

Peserta workshop preceptorship berjumlah 75 orang yang terdiri dari seluruh dosen STIKes Harapan Bangsa Purwokerto Program studi Keperawatan dan Kebidanan dan, komite keperawatan komunitas, DKK dan perwakilan pembimbing klinik dari rumah sakit lahan praktik mahasiswa. Rumah sakit yang hadir antara lain RSUD Tugurejo, RSUD M.Ashari Pemalang, RSUD Banjarnegara, RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo, RSUD Goeteng Tarunadibrata Purbalingga, RSUD Cilacap, RSUD Kebumen, RS Jiwa Soeroyo Magelang, RS Jiwa Grasia Yogyakarta, RS Islam Cilacap, RS Islam Purwokerto, RS Islam Banjarnegara, Komite Keperawatan dan DKK Banyumas.

Acara di buka oleh ketua STIKes Harapan Bangsa Purwokerto dr.Pramesti Dewi,M.Kes. Narasumber acara workshop preceptorship menghadirkan pakar pendidikan klinik keperawatan/Nursing Clinical Education Bapak Moh. Afandi, S.Kep.,Ns.,MAN,HNC  yang dengan antusias membimbing para preceptor.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pedoman baru bagi dosen STIKes Harapan Bangsa Purwokerto pada umumnya dan preseptor pada khususnya dalam hal pembimbingan mahasiswa di lahan praktik sehingga kualitas dan kompetensi mahasiswa dapat terus ditingkatkan sehingga dapat bekerja dengan baik di masyarakat sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya.


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu