Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date4 August 2018 9:18 am
ByAdministrator
Views84

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Penderita TB Sayangi Keluargamu dengan Memakai Masker


Ilustrasi pasien TB memakai masker. Sumber gambar: google.co.id
Date4 August 2018 9:18 am
ByAdministrator
Views84

Oleh: Peppy Octaviani DM, M.H., M.Sc., Apt

TUBERKULOSIS paru (TB) merupakan masalah kesehatan utama di dunia yang menyebabkan morbiditas pada juataan orang setiap tahunnya. Indonesia adalah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dengan jumlah kasus TB ke-2 terbanyak di dunia setelah India (WHO, 2015). Berdasarkan laporan WHO tahun 2015,  diperkirakan pada tahun 2014 kasus TB di India dan Indonesia  berturut-turut yaitu 23% dan 10% kasus. 

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Sebagai salah satu penyakit menular, idealnya penderita TB harus memahami apa yang sebenarnya sedang terjadi kepada tubuhnya dan bahwasanya TB adalah penyakit menular yang rentan mengjangkiti orang-orang di sekelilingnya.

Dikarenakan masih banyak penderita TB yang sangat cuek dan tidak peduli bahwa sekali dia meludah atau batuk, kuman-kuman berkeliaran di sekelilingnya. Ini bukan untuk menakut-nakuti atau menjadikan kita paranoid, tapi menurut saya, selain memikirkan bagaimana caranya agar bisa sembuh total , hal pertama yang harus dipikirkan oleh penderita TB adalah: bagaimana sebenarnya cara penularan penyakit tersebut dan bagaimana caranya supaya orang lain tidak tertular oleh penyakit yang sedang kita derita.

Kuman TB dapat menyebar di udara dan masuk ke tubuh manusia. Untuk mencegah penularan pada orang lain , mereka yang terinfeksi TB harus menggunakan masker . Penderita TB saat berbicara mengeluarkan 210 partikel, saat batuk bisa melepaskan 0-3.500 partikel dan saat bersin melepaskan 4.500-1 juta partikel ke udara.

Mereka yang mudah tertular adalah orang-orang dengan daya tubuh rendah. Untuk itu, selain pasien TB, orang yang tinggal satu rumah juga perlu menggunakan masker, khususnya anak-anak. Jika tidak dilakukan pencegahan, satu orang bisa terinfeksi kuman TB, bisa menginfeksi 10-15 orang. Mencegah penularan TB cukup dengan menggunakan masker tidak perlu berlebihan dengan menjauhi pasien TB.

Pasien TB bisa sembuh total dengan patuh minum obat secara tuntas selama 6 bulan. Dengan begitu, TB pun tidak akan menginfeksi orang lain. Mengobati sama dengan prevensi (pencegahan), karena kalau TB aktif sudah minum obat dua bulan, kuman sudah tidak menginfeksi, kuman sudah ternetralisir.

Bukan hanya para penderita TB saja yang wajib menjaga kekebalan tubuh dalam memerangi penyakitnya, tapi juga bagi orang yang ada didekatnya. Selain menjaga kebersihan diri sendiri, cobalah untuk menjaga daya tahan tubuh dengan tetap memastikan pola makan yang sehat, cukup beristirahat , dan berolahraga secara teratur. Jika perlu, konsumsi vitamin dan antioksidan untuk membantu tubuh memerangi kuman TB yang akan masuk dan memicu infeksi. (*)

 


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu