Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date3 March 2018 10:13 am
ByAdministrator
Views216

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Penyebab Sering Kencing Pada Lansia

Date3 March 2018 10:13 am
ByAdministrator
Views216

Penyebab Sering Kencing Pada Lansia

Pengasuh kolom tanya jawab, Yang saya hormati,
Saya DS, ingin menanyakan perihal ibu saya yang sudah berusia 71 tahun. Kebetulan saya tinggal serumah dengan ibu saya. Ibu saya itu sering sekali pipis (buang aor kecil) dalam sehari bisa sampai 10 kali, kadang air seninya malah sedikit sekali. Saya sudah memeriksakan ibu, mbok kena gula tetapi gula ibu malah rendah hanya 89. Yang saya tanyakan kenapa ya ibu saya sering BAK tanpa ada keluhan lainnya?

Ibu DS yang saya hormati pula, 
Saya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa ibu bersedia merawat orang tua ibu di hari tuanya. Beser buang air kecil (bak) merupakan salah satu masalah yang sering didapati pada lansia, yaitu keluarnya air seni tanpa disadari, dalam jumlah dan kekerapan yang cukup mengakibatkan masalah kesehatan atau sosial. 
Beser bak merupakan masalah yang seringkali dianggap wajar dan normal pada lansia, walaupun sebenarnya hal ini tidak dikehendaki terjadi baik oleh lansia tersebut maupun keluarganya.     Sedangkan pada perempuan lanjut usia (lansia) sering kencing diakibatkan menopause yang paling umum. Ketika tingkat estrogen turun, lapisan uretra menipis dan otot yang mengelilingi pelvis melemah.
Tetapi  jika pada laki-laki lansia sering kencing mungkin tanda salah satu masalah prostat yang membesar atau benign prostatic hyperplasia (BHP). Pembesaran prostat menekan uretra dan menghalagi aliran urine. 
Akibatnya, kandung kemih tidak bisa kosong dengan cepat atau seutuhnya dan laki-laki itu sering merasa ingin kencing lagi.  Sering kencing malam (nokturia) adalah peringatan terhadap reaksi terhadap obat-obatan yang dikonsumsi, minuman diuretik (menyerap air), penggunaan obat jantung atau obat psikitaris.
Nokturia juga bisa menandakan penyakit ginjal bahkan gagal jantung. Terlalu banyak minum cairan teh dan kopi atau minuman berkafein lainnya juga menjadi pemicu sering kencing. 
Pada umumnya, orang yang sudah berusia lanjut pasti sering dijumpai yang namanya beser, hal ini terjadi karena otot otot yang menahan atau mengontrol saat kita ingin BAK kemampuannya sudah menurun, sehingga pada orang tua akan sering ngompol.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu kegundahan ibu. 

(Oleh: Martyaini Budi S  SKep Ns MKep, (Tim Pengasuh Rubrik Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto))


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu