Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date4 March 2017 3:41 pm
ByAdministrator
Views71

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Perlukah Pemakaian Gurita Untuk Si Kecil?

Date4 March 2017 3:41 pm
ByAdministrator
Views71

Perlukah Pemakaian Gurita Untuk Si Kecil?

Pertanyaan:

Maaf Bu Bidan saya mau bertanya. Saya baru saja melahirkan 1 minggu yang lalu. perlukah bayi baru lahir dipakaikan gurita atau bedongan? jika perlu kapan waktu pemakaian yang tepat ya Bu bidan? terima kasih sebelumnya.
Rita, Bantarwuni

Jawaban : 

Halo Bu Rita. Terimakasih atas pertanyaannya. Bagi ibu-ibu muda yang baru melahirkan seperti Bu Rita, mungkin bingung dengan perawatan bayi. Nah, nenek atau kakek si Kecil pasti memberikan saran untuk memakaikan gurita pada si Kecil.  Alasannya tidak lain agar perut si Kecil terlihat ramping dan tidak memiliki pusar yang bodong. Pemakaian gurita memang bukanlah suatu hal baru.

Secara turun temurun, nenek moyang Ibu pasti menyarankan hal yang sama untuk perawatan bayi. Bahkan, waktu Ibu masih kecil pasti mengenakan gurita. Namun, apakah pemakaian gurita dalam masa perawatan si Kecil yang baru lahir tidak berbahaya?Pemakaian gurita tidak dianjurkan oleh dunia medis untuk perawatan bayi. Apabila alasan nenek atau kakek kita untuk membantu merampingkan perut si kecil,  berarti gurita juga bisa mengecilkan perut orang dewasa yang buncit. Selain itu, tubuh si Kecil belum sempurna dan masih terlalu rentan untuk terkena hal-hal yang terlalu ketat.

Perawatan bayi memang bukanlah perkara mudah. Nah, berhubungan dengan tubuh si Kecil yang belum sempurna, pemakaian gurita justru bisa menjadi penghambat tumbuh kembang si Kecil. Pemakaian gurita yang terlalu ketat akan mengganggu organ si Kecil terutama sistem pernapasan. Si Kecil akan mengalami kesulitan bernapas saat memakai gurita, karena si Kecil dominan menggunakan pernapasan perut. Selain itu, juga menghambat perkembangan paru-paru si Kecil.

Perawatan bayi harus ekstra hati-hati, cermat, dan tidak perlu panik. Dinding perut si Kecil memang belum kuat dan sangat lentur. Terkadang perut si Kecil tampak lebih besar. Seiring dengan pertumbuhan dan gerak si Kecil semakin aktif, otot-otot si Kecil akan semakin kencang. Apabila si Kecil mulai merangkak dan berjalan secara alami, kondisi perut si Kecil akan lebih kencang seiring dengan gerakan dan aktivitasnya.
Begitu Bu Rita.Mudah-mudahan penjelasan yang saya berikan bisa bermanfaat.

(Diasuh oleh Fauziah Hanum NA, SST.,M.Keb)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu