Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date2 June 2018 8:51 am
ByAdministrator
Views70

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Persiapan Persalinan dan Manajemen ASI Perah, Kurangi Kecemasan Ibu Hamil

Date2 June 2018 8:51 am
ByAdministrator
Views70

Oleh: Feti Kumala Dewi. S.ST, M.Kes

Masa kehamilan merupakan masa dimana tubuh seorang ibu hamil mengalami perubahan fisik, dan perubahan psikologis akibat peningkatan hormon kehamilan. Setiap tahapan kehamilan, ibu hamil akan mengalami proses kejiawaan yang berbeda.

Pada kehamilan terdapat kombinasi perasaan bangga dan cemas tentang apa yang akan terjadi pada saat melahirkan, ketidaknyamanan fisik meningkat dan ibu akan menjadi lebih sentitif dan memerlukan perhatian serta dukungan dari suami atau kerluarganya.

Walaupun persalinan adalah sebuah proses alami yang sekaligus menakjubkan dan sudah menjadi kodrat bagi seorang wanita untuk menjalaninya, tetapi seringkali ibu hamil tidak dapat menghilangkan rasa khawatir dan tukut dalam menghadapi proses persalinan tersebut.

Persiapan persalinan yang dapat dilengkapi yaitu persiapan perlengkapan ibu dan bayi, persiapan tempat bersalin, penolong, transportasi, biaya, pendamping persalinan, pengambilan keputusan saat gawat darurat.

Salah satu pengetahuan yang harus disiapkan adalah tentang menajemen ASI perah saat menyusui. Hasil penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasa ibu hamil di Desa Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga, faktor yang mempengaruhi kecemasan adalah dukungan suami (?:0,001) dan faktor resiko kehamilan (?:0,003).

Sedangkan usia, paritas dan pendidikan tidak mempengaruhi kecemasan ibu hamil di Desa Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Untuk hasil pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 10 mei 2018 tentang manajemen ASI perah didapatkan hasil pengetahuan sebelum pengabdian masyarakat tertinggi adalah pengetahuan cukup sebanyak 9 orang (45%) menjadi pengetahuanbaik sebanyak 14 orang (70%).

Pengetahuan tentang persiapan persalinan didapatkan hasil pengetahuan sebelum pengabdian masyarakat tertinggi adalah pengetahuan baik sebanyak 14 orang (70%) menjadi pengetahuan baik sebanyak 16 orang (80%). Responden yang hadir juga mendapatkan informasi tentang pijat oksitocin untuk melancarkan proses laktasi dan menyusui. (*)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu