Universitas Harapan Bangsa
News & Info

UHB News

Information

Date30 October 2018 9:34 am
ByHari Wicaksono
Views21

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Pertolongan Pertama Pasien Trauma


Date30 October 2018 9:34 am
ByHari Wicaksono
Views21

PURWOKERTO - Menjawab tuntutan pemberian asuhan keperawatan , Universitas Harapan Bangsa (UHB) menggelar kegiatan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara UHB bekerjasama dengan Jakarta Medical Service and Training Center 119 (JMS 119), 4 Oktober hingga 9 Oktober lalu. Koordinator BTCLS, Ns Azka Fathiyatir Rizqillah S.Kep MN mengatakan, kecelakaan dan hal-hal yang tidak terduga lainnya dapat terjadi dimana saja, perawat sebagai tenaga kesehatan terbesar di Indonesia harapannya dapat memberikan pertolongan pertama pada pasien pasien trauma.

"Selain itu juga diharapkan bisa memberikan pertolongan pertama pada pasien pasien henti jantung dengan tepat dan efisien," jelasnya. Kegiatan yang terdiri dari dokter-dokter spesialis dan perawat tersebut, sebagai langkah untuk mahasiswa profesi ners sebagai calon perawat masa depan wajib dibekali ilmu dapat menjawab tuntutan pemberian asuhan keperawatan tersebut.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa prodi profesi ners dan alumni Universitas Harapan Bangsa tersebut bertujuan membekali mahasiswa dengan ilmu pertolongan pertama pada korban kecelakaan (trauma). Juga pada pasien jantung dirumah sakit pada khusunya, dan komunitas masyarakat pada umumnya.

Kegiatan yang dipusatkan di gedung C UHB tersebut, digelar selama empat hari. Hari pertama dankedua full materi dan demontrasi skill oleh pembicara pakar. Hari ketiga bimbingan praktek skill.

Sedangkan hari keempat ujian praktek skill dan simulasi penanganan manajemen bencana ketika terjadi kecelakaan massal. " Garis besar kegiatan tersebut terdiri dari pembekalan ilmu, praktik skill, ujian skill dan simulasi," imbuhnya. (ida)

BTCLS 

Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu