Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date23 December 2022 10:49 am
ByReza Rokhadi
Views220




Berita

Prodi Hukum UHB Gelar Kuliah Umum Klinik Hukum Acara Pidana

Date23 December 2022 10:49 am
ByReza Rokhadi
Views220

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) kembali menggelar kuliah umum pada Kamis, 15 Desember 2022. Kali ini kuliah umum digelar Program Studi (Prodi) Hukum UHB dengan narasumber Dosen Tetap UHB, yang juga sekaligus Praktisi Hukum, Dr. Efendi Simanjuntak, S.H., M.H., dengan tema "Klinik Hukum Acara Pidana".

Dosen Hukum UHB, sekaligus moderator dalam kegiatan Kuliah Umum kemarin, Litya Surisdani Anggraeniko, S.H., M.H., mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa Prodi Hukum UHB dalam hal akademis maupun nonakademis.

Bertempat di Ruang Peradilan Semu Kampus II UHB, para mahasiswa peserta kuliah umum diberikan beberapa gambaran mengenai profesi yang bisa dijalankan pasca lulus dari UHB.

"Selain menjadi dosen tetap, narasumber juga merupakan praktisi hukum yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam bidang hukum, termasuk persidangan. Lewat kuliah umum ini, mahasiswa diharapkan bisa menyerap berbagai pengalaman beliau selama berkecimpung di dunia hukum, khususnya hukum pidana," paparnya.

Disampaikan Liyta, beberapa mahasiswa Prodi Hukum sudah memasuki studi akhir. Sehingga perlu diberikan pengarahan agar masing-masing dari mereka bisa menentukan langkah pasca diwisuda.

Narasumber Kuliah Umum, Dr. Efendi Simanjuntak, S.H., M.H., secara umum memberikan sejumlah gambaran mengenai profesi di bidang hukum yang bisa dipilih mahasiswa kelak. Bahkan beberapa diantaranya diberikan contoh simpel mengenai tugas dan fungsinya masing-masing.

Menurut Dr Efendi, di tatanan masyarakat, profesi di bidang hukum memiliki derajat yang cukup istimewa. Sama halnya dengan derajat mahasiswa hukum di tingkatan akademis.

"Secara umum, mahasiswa Hukum itu dilatih untuk bisa mempertahankan argumen, sekaligus meyakinkan bahwa argumen yang dimilikinya itu benar," ungkapnya.

Dia merinci, ada beberapa profesi yang bisa menjadi pilihan para mahasiswa Hukum yang bisa disesuaikan dengan studi keilmuannya. Berbeda dengan bidang keilmuan lain yang hanya fokus pada profesi tertentu, ilmu hukum nyatanya bisa dimaksimalkan di berbagai profesi untuk jenjang karir yang lebih baik.

"Tidak hanya menjadi advokat atau pengacara, lulusan Prodi Hukum bisa melanjutkan karirnya ke beberapa profesi lainnya seperti hakim, jaksa, polisi, hingga notaris. Dan masing-masing profesi itu memiliki fungsi yang berbeda," paparnya.

Pada akhir kuliah umum, Dr. Efendi juga berpesan agar para mahasiswa untuk segera menyelesaikan studinya du UHB. Maksudnya agar mereka bisa segera terjun ke masyarakat untuk memaksimalkan potensi keilmuan mereka melalui berbagai profesi yang akan dijalaninya.

"Setelah lulus nanti, kalian akan lebih paham mengenai status para lulusan Prodi Hukum. Meski begitu bukan berarti itu menjadi akhir dari pembelajaran, melainkan menjadi awal dari perjalanan karir kalian di bidang hukum. Tentunya tetap harus membawa nama baik UHB," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan narasumber dalam sesi tanya jawab. Semua pertanyaan dari mahasiswa dijawab langsung oleh narasumber dengan bahasa yang simpel dan sederhana, sehingga bisa langsung dimengerti para peserta kuliah umum. (yur)

S1 Hukum Kuliah Umum Klinik Hukum 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu